Kajian Teoretis Tentang Penggunaan Teknik Behavioral Contract Melalui Konseling Kelompok Untuk Pengurangan Perilaku Membolos Siswa

DERAN, Fiyani Kewa (2020) Kajian Teoretis Tentang Penggunaan Teknik Behavioral Contract Melalui Konseling Kelompok Untuk Pengurangan Perilaku Membolos Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
kover.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (122kB)

Abstract

Permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Mengapa teknik behavioral contract melalui layanan konseling kelompok digunakan untuk pengurangan perilaku membolos siswa. (2) Bagaimana langkah-langkah atau prosedur penggunaan teknik behavioral contract melalui layanan konseling kelompok untuk pengurangan perilaku membolos siswa. (3) Apakah teknik behavioral contract melalui layanan konseling kelompok efektif untuk pengurangan perilaku membolos siswa? Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui: (1) Alasan penggunaan teknik behavioral contract melalui layanan konseling kelompok untuk pengurangan perilaku membolos siswa. (2) Langkah-langkah atau prosedur penggunaan teknik behavioral contract melalui layanan konseling kelompok untuk pengurangan perilaku membolos siswa. (3) Efektifitas penggunaan teknik behavioral contract melalui layanan konseling kelompok untuk pengurangan perilaku membolos siswa. Metode kajian dalam penulisan skripsi ini adalah studi kepustakaan. Objek kajian dalam penulisan skripsi ini adalah teknik behavioral contract, konseling kelompok dan perilaku membolos siswa. Sumber data yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah sumber data sekunder. Jenis data yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah jenis data kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Teknik behavioral contract melalui layanan konseling kelompok dapat digunakan untuk pengurangan perilaku membolos siswa, karena teknik ini dapat digunakan untuk mengajarkan perilaku baru, mengurangi perilaku yang diinginkan dan meningkatkan perilaku yang diharapkan. 2) Langkah-langkah atau Prosedur penggunaan teknik behavioral contract melalui layanan konseling kelompok untuk pengurangan perilaku membolos siswa dilaksanakan melalui 5 langkah yakni: (1) Pilih tingkah laku yang akan diubah dengan analisis ABC. (2) Tentukan data awal perilaku yang akan diubah. (3) Tentukan jenis penguatan yang akan diterapkan. (4) Berikan reinforcement setiap kali perilaku yang diinginkn tampil. (5) Berikan penguatan setiap saat tingkah laku yang ditampilkan menetap. 3) Teknik behavioral contract efektik untuk pengurangan perilaku membolos siswa. Hal ini didukung oleh artikel hasil penelitian oleh Arroyan, dkk (2018), yang menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik behavioral contract efektif digunakan untuk mengurangi perilaku membolos sekolah pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Bengkulu. Berdasarkan hasil penulisan skripsi ini, maka penulis memberikan saran kepada: 1) Penulis diharapkan agar dapat menambah pengetahuan, pemahaman serta keterampilan dalam menerapkan teknik behavioral contract untuk pengurangan perilaku membolos siswa. 2) Guru BK diharapkan agar dapat memperkaya wawasan dan konsep, serta dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk mengkaji lebih jauh tentang penerapan teknik behavioral contract untuk pengurangan membolos siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 22 Dec 2021 02:44
Last Modified: 22 Dec 2021 02:44
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4923

Actions (login required)

View Item View Item