Upaya Menerapkan Teknik Broken Chord Dan Block Chord Sebagai Iringan Lagu You Raise Me Up Pada Instrument Keyboard Menggunakan Metode Drill Bagi Mahasiswi Semester III Minat Keyboard Pendidikan Musik Unwira Kupang

DURUS, Yohanes G. Mau (2020) Upaya Menerapkan Teknik Broken Chord Dan Block Chord Sebagai Iringan Lagu You Raise Me Up Pada Instrument Keyboard Menggunakan Metode Drill Bagi Mahasiswi Semester III Minat Keyboard Pendidikan Musik Unwira Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (104kB)

Abstract

Dewasa ini banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi pemain keyboard.Tentunya untuk menjadi seorang pemain keyboard, perlu membekali beberapa teknik baik dalam memainkan instrument maupun mengiringi lagu. Dalam kenyataan belum semua pemain keyboard mampu menerapkan teknik yang benar dalam bermain keyboard. Hal ini dialami pula oleh mahasiswi semester III Program Studi Pendidik Musik Unwira Kupang yang belum mampu mengiringi lagu dalam teknik broken chord dan block chord. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yakni Bagaimana upaya menerapkan teknik broken chord dan block chord sebagai iringan lagu You Raise Me Up pada instrument keyboard menggunakan metode drill bagi mahasiswi semester III minat keyboard Pendidikan Musik Unwira Kupang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya menerapkan teknik broken chord dan block chord sebagai iringan lagu you raise me up pada instrument keyboard menggunakan metode drill bagi mahasiswi semester III minat keyboard Pendidikan Musik Unwira Kupang. Penelitian bersifat kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan studi lapangan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya penerapan teknik broken chord dan block chord sebagai iringan lagu You Raise Me Up pada instrument keyboard menggunakan metode drill bagi mahasiswi semester III minat keyboard Pendidikan Musik dilakukan mulai dari tahap awal perekrutan mahasiswi, tahap inti meliputi pemberian penjelasan tentang alat musik keyboard, teknik broken chord dan block chord dalam bermain keyboard pada pola dasar, pengembangan I dan pengembangan II, dilanjutkan praktek etude penjarian berupa tangga nada dan pola dasar, pola pengembangan I dan pengembangan II secara berulang-ulang, selanjutnya aplikasi pola dasar dan pola pengembangan I dan II pada lagu model You Raise Me Up bagian demi bagian lagu secara terpisah-pisah dan secara utuh secara berulang-ulang. Di akhir peneliti ketiga mahasiswi melakukan pementasan sederhana yakni mengiringi seorang penyanyi menyanyikan lagu You Raise Me Up. Proses penelitian berjalan dengan baik. Peneliti yakin bahwa “hasil tidak pernah menghianati proses”. Walaupun ada beberapa kendala yang harus dihadapi, tetapi berkat komunikasi, kerja sama, dan ketekunan dari peneliti dan ketiga mhasiswi semuanya dapat berjalan dengan baik. Meski belum begitu sempurna, namun ketiga mahasiswi berhasil mengiringi lagu You Raise Me Up dengan menerapkan teknik broken chord dan block chord.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keyboard, Teknik Broken Chord dan Block Chord, Mahasiswi, Metode Drill. You Raise Me Up.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 17 Jan 2022 01:21
Last Modified: 17 Jan 2022 01:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4926

Actions (login required)

View Item View Item