Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Alat Optik Pada Peserta Didik Kelas VIII D SMPN 1 Taebenu Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019

ABANI, Yanuaria (2019) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Alat Optik Pada Peserta Didik Kelas VIII D SMPN 1 Taebenu Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (798kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (163kB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah Mendeskripsikan Hasil Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi pokok Alat Optik pada peserta didik kelas VIIID Semester Genap Tahun Ajaran 2018 / 2019 .Secara Spesifik, tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning materi pokok alat optik peserta didik kelas VIIID SMP Negeri 1 Taebenu tahun ajaran 2018/2019 . 2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning materi pokok alat optik peserta didik kelas VIIID SMP Negeri 1 Taebenu tahun ajaran 2018/2019. 3) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning materi pokok alat optik peserta didik kelas VIIID SMP Negeri 1 Taebenu tahun ajaran 2018/2019. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning materi pokok alat optik peserta didik kelas VIIID SMP Negeri 1 Taebenu tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik (peneliti) dan peserta didik kelas VIIID semester genap SMP Negeri tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 peserta didik. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Diskusi Peserta Didik (LDPD), Kisi-kisi Hasil Belajar (kognitif, afektif, psikomotorik ). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, tes dan angket. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, tes hasil belajar dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang meliputi skor rata-rata, proporsi dan presentase. Hasil analisis deskriptif tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan model Discovery Learning materi pokok alat optik pada peserta didik kelas VIIID SMP Negeri 1 Taebenu terlaksana dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning;Kemampuan Guru; Ketuntasan Indikator; Ketuntasan Hasil Belajar; Respon Peserta Didik alat optik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 22 Oct 2019 04:00
Last Modified: 22 Oct 2019 04:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item