Pengaruh Ketelitian Dan Kemampuan Identifikasi Variabel Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Hasil Belajar Keterampilan Materi Pokok Larutan Penyangga Dengan Menerapkan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

DUKA, Afliana Zuliyanti (2019) Pengaruh Ketelitian Dan Kemampuan Identifikasi Variabel Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Hasil Belajar Keterampilan Materi Pokok Larutan Penyangga Dengan Menerapkan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
cover, abstrak, dan kata pengantar dan daftar isi pdf.pdf

Download (116kB)
[img] Text
bab 1 pdf.pdf

Download (56kB)
[img] Text
bab 2 pdf.pdf

Download (210kB)
[img] Text
bab 3 pdf.pdf

Download (596kB)
[img] Text
bab 4 pdf.pdf

Download (489kB)
[img] Text
bab 5 pdf.pdf

Download (59kB)

Abstract

Proses pembelajaran dengan pendekatan scientific dirancang sedemikian rupa agar siswa secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimanakah efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan scientific materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimanakah ketelitian siswa kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimanakah kemampuan identifikasi variabel siswa kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel siswa dengan hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel siswa terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan utama penelitian ini (1) Mengetahui efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 (2) Mengetahui tipe-tipe karakter siswa kelas XI IPA 3 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (3) Mengetahui kemampuan penalaran siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel siswa dengan hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019 (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh ketelitian dan kemampuan identifkasi variabel siswa terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2017. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan scientific efektif pada materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori baik dengan presentase sebesar 99,9% (2) ketelitian siswa kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori sangat baik dengan dengan nilai akhir sebesar 81,72 (3) Kemampuan identifikasi variabel siswa kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata kemampuan identifikasi variabel sebesar 82,28(4) Ada hubungan antara ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel siswa dengan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan koefisien korelasi =0,92353 dan = 0,812135 (5) Ada pengaruh antara ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel siswa terhadap hasil belajar pengetahuan dan ketermpilan yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2016/2017 dengan persamaan regresi ganda Ŷ = 14,445 + 0,4558447 + 0,3994013 . Ŷ = 19,079 + 0,438 + 0,356

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 22 Oct 2019 04:51
Last Modified: 22 Oct 2019 04:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item View Item