LEBA, Anastasia P. (2020) Akuntabilitas Pelayanan E-Ktp Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Manggarai Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (210kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (113kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (139kB) |
Abstract
Dinas kependudukan dan pencatatan sipil merupakan unsur pelaksana Pemerintah Daerah di bidang kependudukan dan pencatatan sipil yang dipimpin oleh Kepala Dinas dan berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekertaris Daerah. Permasalahan yang menjadi fokus perhatian yaitu bagaimana akuntabilitas pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Manggarai Timur. Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis akuntabilitas pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Manggarai Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan ialah data primer yang diambil dengan teknik wawancara yang mendalam dengan para informan dan data sekunder berupa surat kabar atau koran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa akuntabilitas pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Manggarai Timur belum optimal. Dilihat dari 6 dimensi yaitu legitimasi para pembuat kebijakan, kualitas moral yang memadai, kepekaan, keterbukaan, pemanfaatan sumber daya, dan peningkatan efisiensi dan efektivitas. Penerapannya masih dianggap belum optimal mulai dari kejelasan alur pelayanan dan efektivitas waktu pembuatan E- KTP;faktor pendukung yaitu salah satunya yaitu: website yang disediakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Manggarai Timur untuk mengakses berkaitan dengan informasi, keluhan, dan hal-hal lain yang ingin ditanyakan masyarakat; adanya faktor penghambat seperti sikap yang kurang ramah dalam melayani masyarakat. Sehingga masih banyak keluhan dari masyarakat. Saran kepada para pegawai agar tepat waktu dalam mmberikan pelayanan serta melayani masyarakat dengan ramah; memastikan kejelasan mengenai ketepatan waktu dalam proses pembuatan E-KTP. Sehingga tidak ada keluhan dari masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akuntabilitas, Pelayanan, E-KTP |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare J Political Science > JQ Political institutions Asia J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | SH Yakobus Naben |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 02:06 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 02:06 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4998 |
Actions (login required)
View Item |