PROFIL EMPATI SISWA DAN IMPLIKASINYA BAGI PROGRAM BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XI IIS2 SMAN 4 KUPANG Tahun Pelajaran 2017/2018)

TEKU, Maria Stevania (2018) PROFIL EMPATI SISWA DAN IMPLIKASINYA BAGI PROGRAM BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XI IIS2 SMAN 4 KUPANG Tahun Pelajaran 2017/2018). Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
FILE BAB 1.pdf

Download (130kB)
[img] Text
FILE BAB II.pdf

Download (141kB)
[img] Text
FILE BAB III.pdf

Download (261kB)
[img] Text
FILE BAB IV.pdf

Download (237kB)
[img] Text
FILE BAB V.pdf

Download (43kB)

Abstract

Judul skripsi: Profil Empati Siswa dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Pribadi Sosial (Studi Deskriptif Kuantitatif Siswa Kelas XI IIS2 SMAN 4 Kupang tahun pelajaran 2017/2018). Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran profil empati siswa dan implikasi bagi program bimbingan pribadi sosial pada kelas XI IIS2 SMAN 4 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian untuk memperoleh gambaran tentang empati yang ditunjukkan siswa kelas XI IIS2 SMAN 4 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dan sampel adalah siswa kelas XI IIS2 SMAN 4 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah responden 36 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara tertulis dan alat yang digunakan berupa angket. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan rumus product moment pada taraf kepercayaan 99%. Untuk mengetahui profil empati siswa dengan menggunakan analisis kecenderungan pusat. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yakni empati. Hasil analisis data menunjukkan bahwa profil empati siswa kelas XI IIS2 SMAN 4 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 menunjukan skor rata-rata populasi adalah 87,4 dengan rentangan skor 84-109, sehingga empati siswa berada pada kategori sedang. Hasil analisis setiap aspek menunjukkan bahwa pada aspek perspective taking dengan skor 20,8 di rentangan skor 18-22 berada pada kategori sedang, aspek fantasy dengan skor 20,3 di rentangan skor 18-22 berada pada kategori sedang, aspek empathic concern dengan skor 20,83 di rentangan skor 18-22 berada pada kategori rendah dan aspek personal distress dengan skor 25,8 di rentangan 23-27 berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti memberikan beberapa saran kepada: a) Kepala Sekolah diharapkan memberikan perhatian khusus dan bekerja sama dengan guru BK untuk mengembangkan sikap empati siswa melalui program-program bimbingan dan konseling. b) Guru Bimbingan dan Konseling dapat memanfaatkan penelitian ini sebagai masukan dalam upaya menyusun program bimbingan dan memberikan perhatian kepada siswa-siswi yang belum mampu berempati dengan baik. c) Siswa diharapkan lebih bersikap empati terhadap teman-teman dan terus mengembangkan empati yang dimiliki terutama untuk menghargai dan memahami perasaan orang lain dalam pergaulan sehari-hari

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:16
Last Modified: 08 Oct 2019 04:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/50

Actions (login required)

View Item View Item