Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Relasi Dan Fungsi

KOLI, Yulianti Febrina (2019) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (861kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (225kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis studi kasus yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa yang dilakukan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 semester genap pada kelas VIIIB dengan jumlah siswa 30 orang. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa dengan kriteria : (1) Siswa yang paling banyak melakukan kesalahan dalam meyelesaikan soal; dan (2) Kesalahan atau variasi kesalahan yang dilakukan siswa, berupa kesalahan fakta, konsep, operasi, dan prinsip. Data hasil wawancara digunakan sebagai pembanding hasil penyelesaian soal pemecahan masalah. Data tentang kesalahan masing-masing subjek diperoleh dari hasil penyelesaian soal pemecahan masalah siswa dianalisis untuk mendapatkan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal pada materi relasi dan fungsi yang meliputi kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan operasi, dan kesalahan prinsip. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : 1) Kesalahan Fakta. Persentase siswa yang melakukan kesalahan fakta adalah 50% dengan spesifikasi kesalahannya sebagai berikut : (a) Siswa salah dalam penempatan simbol pada hasil eliminasi persamaan, (b) Siswa salah dalam penempatan simbol dalam menentukan nilai , dan (c) Siswa salah dalam penulisan simbol pada hasil pemisahan suku sejenis. 2) Kesalahan Konsep. persentase siswa yang melakukan kesalahan konsep adalah 10% dengan spesifikasi kesalahannya sebagai berikut : (a) Siswa salah dalam menyatakan rumus fungsi yang digunakan, (b) Siswa salah menerapkan konsep dalam penentuan nilai , dan (c) Siswa salah menerapkan konsep dalam penentuan nilai . 3) Kesalahan Operasi. Persentase siswa yang melakukan kesalahan operasi adalah 30% dengan spesifikasi kesalahannya sebagai berikut : (a) Siswa salah perhitungan pada hasil eliminasi, dan (b) Siswa salah dalam perhitungan nilai . 4) Kesalahan Prinsip. Persentase siswa yang melakukan kesalahan operasi adalah 50% dengan spesifikasi kesalahannya sebagai berikut (a) Siswa tidak menuliskan yang ditanya dan diketahui pada soal, (b) Siswa tidak menyimpulkan hasil dari pertanyaan, c) Siswa salah menerapkan langkah dalam penentuan nilai , (d) Siswa salah menerapkan langkah dalam penentuan salah satu persamaan., dan juga (c) Siswa menyelesaikan soal dengan langkah yang tidak terstruktur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesalahan, Relasi dan fungsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 08 Oct 2019 05:16
Last Modified: 08 Oct 2019 05:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/500

Actions (login required)

View Item View Item