Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Online Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Pelangi Kota Kupang

LAISKODAT, Agatha Krismyati (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Online Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Pelangi Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (684kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (626kB)

Abstract

Persaingan bisnis yang ketat merambat hingga bidang perhotelan di Kota Kupang, hotel baru terus bermunculan dengan fasilitas yang lebih memadai ini menyebabkan menurunnya tingkat konsumen pada Hotel Pelangi, konsumen cenderung memilih kualitas hotel bukan saja dari fasilitas tetapi secara keseluruhan kualitas pelayanan suatu hotel. Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana persepsi konsumen mengenai kualitass pelayanan, promosi online dan fasilitas, (2) Apakah kualitas pelayanan, promosi online dan fasilitas secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Pelangi. Penelitian dilakukan di Hotel Pelangi Kota Kupang, dengan populasi adalah semua konsumen yang pernah menginap dan tidak diketahui jumlahnya. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dari jumlah indikator yang digunakan sebanyak 19 buah dan dikalikan 5 sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 95 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan program SPSS Statistic version 22. Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel kualitas pelayanan sebesar 70,00%, variabel promosi online sebesar 66,47%, variabel fasilitas sebesar 65,23%, dan variabel kepuasan konsumen sebesar 65,27% dengan kategori cukup baik. Analisis statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 0,525 + 0,124X1 + 0,215X2 + 0,804X3. Hasil Uji t diperoleh t hitung untuk variabel kualitas pelayanan sebesar 2,991, variabel promosi online sebesar 2,282 dan variabel fasilitas sebesar 11,385 dimana probabilitasnya lebih kecil dari 0,5 yang berarti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil Uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan, promosi online dan fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel (151,904>5,14). Nilai koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan sebesar 0,843 yang menjelaskan bahwa besaran kontribusi pengaruh variabel kualitas pelayanan, promosi online dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen sebesar 83,4% sedangkan sisanya sebesar 16,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada Hotel Pelangi Kupang, agar memberi kualitas pelayanan terbaik, dan promosi online yang sesuai dengan fasilitas yang tersedia di dalam hotel agar konsumen merasa puas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Promosi Online, Fasilitas, Hotel Pelangi
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 04 Feb 2022 02:38
Last Modified: 04 Feb 2022 02:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5004

Actions (login required)

View Item View Item