Efektivitas Penggunaan Teknik Outbound Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Peningkatan Teamwork Peserta Didik

NUGROHO, Dionisius Ernesto Kofi (2020) Efektivitas Penggunaan Teknik Outbound Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Peningkatan Teamwork Peserta Didik. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
COVER SKRIPPSI, LEMBAR PENGESAHAN, MOTTO DAN PERSEMBAHAN, KATA PENGANTAR, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (679kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (203kB)

Abstract

Bagaimana prosedur penggunaan teknik outbound melalui layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan teamwork peserta didik? 3) Apakah penggunaan teknik outbound melalui layanan bimbingan kelompok efektif meningkatkan teamwork peserta didik?. Tujuan penulisan skripsi untuk (1) Mengetahui alasan penggunaan teknik outbound melalui layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan teamwork peserta didik. (2) Mengetahui prosedur penggunaan teknik outbound melalui layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan teamwork peserta didik. (3) Mengetahui efektivitas penggunaan teknik outbound melalui layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan teamwork peserta didik. Penulisan skripsi ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kepustakaan. Objek kajian dalam skripsi ini yaitu penerapan teknik outbound dan teamwork. Penulisan skripsi ini menggunakan sumber data sekunder berupa buku, artikel dan jurnal yang berkaitan dengan penulisan ini. Hasil pembahasannya adalah: Teknik outbound dapat digunakan untuk peningkatan teamwork peserta didik karena dalam pelaksanaan teknik outbound, peserta didik dituntut untuk bekerjasama menyelesaikan kegiatan outbound berupa permainan, dapat terlibat secara langsung dan dapat merasakan pengalaman langsung dari outbound yang dilakukan. Prosedur penerapan teknik outbound melalui layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan teamwork peserta didik dilakukan melalui tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan (pembentukan pengalaman, perenungan pengalaman, pembentukan konsep, pengujian konsep) dan tahap pengakhiran. Efektivitas teknik outbound melalui layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan teamwork peserta didik ini mendapat dukungan empiric dari artikel hasil penelitian Anggarasari tahun 2016, Irvanda tahun 2015, Abdul dan Aziz La tahun 2018, Rina, Wela, Ridwan dan Emeliya tahun 2020, Rizqi, Nashori, dan Ratna tahun 2013, Nurul tahun 2019. Berdasarkan hasil tersebut penulis mengemukakan saran kepada: (1) Penulis agar dapat mengimplementasikan pengetahuan yang dimiliki penulis secara lebih baik lagi. (2) Guru BK agar mencari lebih banyak bahan reverensi selain penulisan skripsi ini untuk dikaji lebih lanjut dalam pelaksanaan layanan bimbingan konseling. (3) Pemerhati masalah BK agar mengkaji dan menelaah lebih dalam lagi berbagai bahan masukan sehingga mengetahui lebih dalam permasalahan yang ada dalam BK khususnya permasalahan untuk peningkatkan teamwork peseta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:09
Last Modified: 21 Apr 2022 02:09
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5020

Actions (login required)

View Item View Item