Penggunaan Teknik Self Instruction Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Peserta Didik

WILLFRYDA, Clementia (2020) Penggunaan Teknik Self Instruction Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Peserta Didik. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
COVER SKRIPSI, LEMBAR PENGESAHAN, MOTTO DAN PERSEMBAHAN, KATA PENGANTAR, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAF.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (206kB)

Abstract

Masalah yang dikaji dalam skripsi yakni (1) mengapa teknik self instruction melalui bimbingan kelompok dapat digunakan untuk mengurangi prokrasnasi akademik, (2) bagaimana proses penerapan teknik self instruction melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi prokrastinasi akademik dan (3) apakah teknik self instruction efektif melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi prokrastinasi akademik. Tujuan penulisan skripsi (1) mengetahui alasan penggunaan teknik self instruction melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi prokrastinasi akademik, (2) mengetahui proses penerapan teknik self instruction melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi prokrastinasi akademik dan (3) mengetahui efektifitas teknik self instruction melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi prokrastinasi akademik. Penulisan skripsi ini menggunakan metode kajian studi kepustakaan dengan menelaah buku-buku, menganalisis artikel penelitian terdahulu yang berkaitan dengan skripsi ini. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yakni penulis mengkaji informasi dari buku-buku dan artikel penelitian terdahulu, penulis menganalisis data yang disajikan dalam bentuk kata-kata dan bukan angka. Objek kajian dalam skripsi ini adalah tentang teknik self instruction melalui bimbingan kelompok dan prokrastinasi akademik. Penulisan skripsi ini menunjukan bahwa proses penerapan teknik self instruction melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik melalui 4 tahap yakni tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dimana dalam tahap ini akan diterapkan tahap-tahap teknik self instruction seperti : cognitive modeling, overt external guidance, overt self guidance, faded overt self guidance, covert self instruction dan tahap pengakhiran. Hasil kajian dan analisis dalam skripsi ini membuktikan bahwa teknik self instruction melalui bimbingan kelompok efektif mengurangi prokrastinasi akademik, hal ini didukung oleh artikel penelitian terdahulu yang membuktikan bahwa setelah diberikan perlakuan menggunakan teknik self instruction, maka terjadi pengurangan prokrastinasi akademik subjek penelitian. Berdasaran hasil penulisan ini maka penulis memberikan saran kepada: (1) Guru BK : agar meningkatkan keterampilan dalam menerapkan teknik self instruction melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik, (2) Penulis: agar lebih memahami penggunaan teknik self instruction melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi prokrastinasi akademik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:23
Last Modified: 25 Apr 2022 03:23
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5035

Actions (login required)

View Item View Item