Pengaruh Manuver Kendaraan Masuk Atau Keluar Di Persimpangan Jalan Pemuda Terhadap Resiko Kecelakaan (Lokasi Studi: Persimpangan Jalan Pemuda Kuanino, Depan Gereja Koinonia - Kuanino Kota Kupang)

TOKAN, Wigilia H. Barek (2020) Pengaruh Manuver Kendaraan Masuk Atau Keluar Di Persimpangan Jalan Pemuda Terhadap Resiko Kecelakaan (Lokasi Studi: Persimpangan Jalan Pemuda Kuanino, Depan Gereja Koinonia - Kuanino Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
COVER ABSTRAK.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB I OK .pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB II OK .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB III OK .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV OK .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
BAB V OK .pdf

Download (9kB)

Abstract

Simpang Jalan Pemuda Kuanino Kota Kupang merupakan simpang Jalan yang volume arus lalulintas yang cukup ramai dengan volume kendaraan yang sangat besar dan seringkali terjadi kemacetan. Salah satu penyebab besarnya volume kendaraan dan kemacetan pada simpang jalan ini adalah tercampurnya tata guna lahan pada ruas jalan tersebut. Tata guna lahan pada ruas Jalan Jendral Sudirman dan simpang Jalan Pemuda dikatakan tercampur karena pada ruas jalan tersebut terdapat pasar, bank-bank, pedagang kaki lima, pertokoan, warung-warung makan, kios-kios kecil, sehingga sering terjadi konflik yang dapat menyebabkan resiko kecelakaan pada ruas jalan dan simpang jalan tersebut. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa simpang Jalan Pemuda Kuanino Kota Kupang memiliki nilai kecepatan dengan variasi yang berbeda-beda, sehingga dapat di ambil nilai rata-rata kecepatan yaitu 60 km/jam. Maka berdasarkan hasil analisis data vidio JPH lapangan jarak antara persimpangan dan objek penelitian adalah 20 m dengan waktu ketika pengendara melihat objek yaitu 1,47 detik. Pengendara melakukan pengereman sampai berhenti dengan jarak persimpangan dan pengendara (objek penelitian) adalah 2,5 m. Serta perlambatan maksimum akibat pengereman adalah 3,99 m/detik. Berdasarkan metode SF (Safety Factor), pada penelitian ini diperoleh hasil SF yaitu 0,9341 detik < dari 1,0 maka peluang kecelakaan tabrakan ada dikarenakan ambang batasnya adalah SF lebih kecil atau sama dengan 1,0. Perlu adanya pengendalian pergerakan kendaraan yang akan memasuki persimpangan seperrti pengalihan pergerakan kendaraan dengan adanya pita pengaduh dan rambu peringatan pada persimpangan Jalan Pemuda Kuanino Kota Kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: volume kendaraan, safety factor, resiko kecelakaan, tata guna lahan, kemacetan.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:18
Last Modified: 25 Apr 2022 03:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5036

Actions (login required)

View Item View Item