Analisis Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja Pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Anggaran 2018

BOTA, Wilhelmus Pieter (2020) Analisis Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja Pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Anggaran 2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (654kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (199kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Penerapan Sistem Anggaran Berbasis Kinerja di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Anggaran 2018?; (2) Faktor-faktor (pendukung dan penghambat) apa saja yang mempengaruhi Penerapan Sistem Anggaran Berbasis Kinerja di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Anggaran 2018? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor (pendukung dan penghambat) apa saja yang mempengaruhi Penerapan Sistem Anggaran Berbasis Kinerja di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Anggaran 2018. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kuantitatif yaitu dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi pada Bidang Program Data dan Evaluasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam penyelenggaraan keuangannya telah menerapkan Anggaran Berbasis Kinerja. Dalam penerapan anggaran berbasis kinerja tersebut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur telah menerapkan instrumen-instrumen Anggaran Berbasis Kinerja Seperti:Target Kinerja, Tolak Ukur Kinerja, Analisis Standar Belanja, Standar Satuan Harga, Standar Pelayanan Minimal. Terkait dengan Faktor-faktor yang mempengaruhi Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur ialah; Faktor Sumber Daya Manusia, Koordinasi, dan Jarak. Adapun saran, (1) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur perlu mempertahankan penggunaan instrumen-instrumen Anggaran Berbasis Kin erja yang ada antara lain: Target Kinerja, Tolak Ukur Kinerja, Analisis Standar Belanja, Standar Satuan Harga, Standar Pelayanan Minimal. Sehingga pengelolaan keuangan daerah dapat berjalan dengan baik lagi. (2) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur perlu terus memperbaiki kualitas sumber daya manusia, meningkatkan fungsi koordinasi, dan mencari solusi untuk mengatasi permasalahan terkait jarak dengan menambah tenaga lapangan untuk membantu mempermudah arus informasi dari sekolah ke Dinas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anggaran Berbasis Kinerja, Target Kinerja, Tolak Ukur Kinerja, Capaian Kinerja, Standar Pelayanan Minimal
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.KM Ustyn Ceme
Date Deposited: 29 Apr 2022 01:36
Last Modified: 29 Apr 2022 01:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5055

Actions (login required)

View Item View Item