Pola Komunikasi Menggunakan Bahasa Dawan Dan Bahasa Indonesia Antaraguru Dan Siswa (Studi Kasus Pada SMP Satu Atap (Satap) Negeri Taloeb, Kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara)

TILMAN, Uziela Maria Da Costa (2020) Pola Komunikasi Menggunakan Bahasa Dawan Dan Bahasa Indonesia Antaraguru Dan Siswa (Studi Kasus Pada SMP Satu Atap (Satap) Negeri Taloeb, Kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK_COVER.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul : “Pola Komunikasi Menggunakan Bahasa Dawan Antara Guru dan Murid Studi Kaasus Pada SMP Satu Atap (Satap) Negeri Taloeb, Kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten TTU”. Untuk membangun komunikasi antara guru dan murid dalam proses pembelajaran berbasis tatap muka tentu saja tidak luput dari kesenjangan komunikasi antara guru dan siswa. SMPN Taloeb sendiri juga mengalami hambatan antara guru dan murid. Hambatan yang terjadi ketika proses belajar mengajar berlangsung di dalam ruang kelas para siswa tidak paham dengan penjelasan guru yang menggunakan bahasa Indonesia sehingga tidak ada umpan balik dari para murid. Akan tetapi jika penjelasan yang bahasa Dawan maka ada umpan balik yang diperoleh. Untuk mengatasi kemacetan komunikasi tersebut maka dibutuhkan pola komunikasi antara guru dan murid untuk membantu kelancaran proses belajar mengajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pengetahuan tentang pola komunikasi menggunakan bahasa Dawan antara guru dan murid. Landasan konseptual yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu komunikasi, komunikasi antarpersonal, pola komunikasi, bahasa dan komunikasi pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terhadap para guru dan juga murid. Berdasarkan hasil penelitian, pola komunikasi pada SMP Satap Negeri Taloeb, belum berjalan dengan baik. Pola komunikasi satu arah pada SMP Satap Taloeb dapat dikatakan berjalan dengan lancar akan tetapi pola dua arah dan multi arah belum berjalan lancar. Hal ini terjadi karena kegiatan belajar mengajar pada sekolah tersebut masih menerapkan penggunaan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Dawan saat pelajaran untuk membantu kelancaran proses KBM dan membantu para siswa untuk memahami materi. Jika tidak dilakukan demikian maka siswa akan bersifat pasif untuk merespon penjelasan dan materi dari guru. Dengan demikian penulis dapat menyimpulkan bahwa pola komunikasi menggunakan bahasa Dawan antara guru dan murid pada SMP Satap Negeri Taloeb, Kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten TTU berjalan lancar dan baik, dan kurangnya pemahaman dari siswa mengenai pentingnya penggunaan bahasa Indonesia yang menghambat komunikasi di lingkungan sekolah. Adapun saran dari penulis yaitu agar para guru dapat berperan bagi perubahan para siswa dengan membuat beberapa kegiatan yang berhubungan dengan penggunaan Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 27 Apr 2022 00:45
Last Modified: 27 Apr 2022 00:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5070

Actions (login required)

View Item View Item