Tanggapan Audience Komunitas Unwira Photography Club (Unpac) Tentang Kredibilitas Komunikator Komunitas Tenggara NTT Dalam “Bercerita Tentang Kesehatan Reproduksi (Bacarita Kespro)”

NIFU, Yunike Cindyana Oktaviany (2019) Tanggapan Audience Komunitas Unwira Photography Club (Unpac) Tentang Kredibilitas Komunikator Komunitas Tenggara NTT Dalam “Bercerita Tentang Kesehatan Reproduksi (Bacarita Kespro)”. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (176kB)

Abstract

Penelitian inibertujuan mengetahui tanggapan audiens tentang kredibilitas komunikator dalam "bacarita kespro" dengan indikator (Ethos. Pathos, Logos) berdasarkan konsep kredibilitas menurut Aristoteles. Hasil wawancara awal yang dilakukan peneliti bersama audiens, terdapat beberapa tanggapan terkait dengan kredibilitas komunikator, diantaranya: kepercayaan diri dari komunikator kurang nampak sehingga membuat suasana tidak hidup/garing dan membuat beberapa audiens tidak aktif dalam mengikuti kegiatan "bacarita kespro", materi yang dibawakan sangat sederhana untuk kalangan mahasiswa, tempo bicara komunikator terbilang cepat sehingga artikulasi/pengucapannya tidak terdengar jelas oleh audiens. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, yaitu dengan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen. Landasan konseptual yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep Komunikasi, Kredibilitas Komunikator, Retorika, Remaja dan Kesehatan Reproduksi. Asumsi dan hipotesis dalam penelitian. Asumsi yang dibangun adalah Komunitas Tenggara NTT sebagai komunikator dalam "Bacarita Kespro" pada Komunitas Unpac harus memenuhi konsep ethos, pathos, logos, sedangkan hipotesis adalah Komunitas Tenggara NTT sebagai komunikator dalam" Bacarita Tentang Kesehatan Reproduksi (Bacarita Kespro)" pada komunitas Unwira Photography Club (Unpac) belum sepenuhnya memenuhi syarat konsep ethos, pathos, logos. Indikator dalam penelitian ini yaitu ethos yang terdiri daripersiapan/preparedness, kepercayaan diri/ confidance. Pathos terdiri dari trable (contoh), Amplifacion (seni menampilkan suara baik dalam volume, inotasi dan artikulasi) Storytlling (pesan yang di sampaikan dengan tutur yang mengugah hati audiens). logos meliputi gaya/ sttyle dan ingatan/ memory. Hasil analisis data dalam penelitian ini adalah dalam "bacarita kespro" yang dilakukan oleh komunitas Tenggara NTT sebagai komunikator bersama komunitas Unpac sebagai audiens, mendapat berbagai tanggapan yang berkaitan dengan konsep ethos, pathos dan logos. Kesimpulan pada penelitian ini adalah komunitas Tenggara NTT tampil sebagai komunikator dalam melakukan kegiatan "bacarita kespro" mendapat tanggapan dari audiens terkait pembawaan materi, kepercayaan diri artikulasi, perumpaan dan games. Saran bagi komunitas Tenggara NTT Komunitas Tenggara NTT dalam membawakan materi di kalangan mahasiswa sebaiknya mempersiapkan anggota dengan melakukan simulasi terlebih dahulu agar pada saat membawakan materi tidak terlihat kaku dan materi apa yang disampaikan dapat terdengar jelas oleh audiens. Komunitas Tenggara NTT dapat memperluas lagi materi yang dibawakan pada kalangan mahasiswa agar pembahasannya bisa lebih kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
R Medicine > RB Pathology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 23 Oct 2019 04:29
Last Modified: 23 Oct 2019 04:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item