Penerapan Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Melalui Media Sosial Facebook Pada Universitas Katolik Widya Mandira

TUNYA, Anggela Elys (2020) Penerapan Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Melalui Media Sosial Facebook Pada Universitas Katolik Widya Mandira. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK....pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (167kB)

Abstract

Judul Makalah Ilmiah ini adalah Penerapan Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru melalui Media Sosial Facebook. Saat ini, persaingan antar perguruan tinggi baik Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia terkhususnya di Nusa Tenggara Timur terbilang cukup berat. Pendidikan menjadi kebutuhan masyarakat dalam mengahadapi masa depan yang cemerlang. Penulisan Makalah Ilmiah ini bertujuan untuk menganalisis penerapan atau aktivitas promosi pada Universitas Katolik Widya Mandira dalam promosi penerimaan mahasiswa baru melalui media sosial facebook. Penulisan Makalah Ilmiah ini memiliki manfaat teoritis yakni diharapkan hasil dari penelitian ini memberikan kontribusi bagi perkembangan Ilmu Komunikasi Unwira. Dan manfaat praktis yang terbagi atas dua yaitu bagi almamater penunlisan ini diharapkan berguna dalam melengkapi kepustakaan dan sebagai bahan referensi. Bagi penulis sendiri sebagai salah satu persyaratan memperoleh gelar sarjana Penulisan Makalah Ilmiah memiliki landasan konseptual yang diawali dengan pemaparan penelitian terdahulu, yang penulis ambil dari dua peneliti yang temanya hampir sama yaitu promosi melalui media sosial. Promosi mejadi salah satu topik pembahasan dalam Ilmu Komunikasi pada konsentarasi Public Relations, sehingga dalam pembahasannya adaketerkaitan antara Ilmu Komunikasi, Public Relations, Pemasaran, hingga masuk pada promosi. Promosi memiliki empat bauran promosi yaitu iklan, personal selling, sales promotion dan publisitas yang nantinya akan digunakan sebagai standar promosi melalui media sosial facebook. Unwira memiliki divisi khusus yang mengurus bagian Promosi, divisi tersebut menggunakan berbagai bentuk media mulai dari media cetak hingga elektronik dan saat ini menggunakan media sosial serta internet untuk promosi penerimaan mahasiswa baru. Hal ini terlihat dari beberapa temuan data yang penulis dapatkan misalnya promosi penerimaan mahasiswa baru dengan memposting soft file poster dan leaflet pada dinding facbeook. Kemudian menyebarkan video promosi kampus yang berisikan informasi lengkap dan terbaru mengenai kampus, berbagai kegiatan yang terjadi, hingga fasilitas dalam menunjang proses belajar mengajar. Kesimpulan dari penulisan Makalah Ilmiah ini adalah Unwira menggunakan tiga bauran promosi dalam kegiatan pemasaran melalui media sosial facebook yaitu iklan berupa postingan brosur,leaflet,poster,dan video promosi. Sales Promotions, berupa tawaran menarik yang dilakukan Unwira misalnya penghapusan biaya pendaftaran bagi mahasiswa baru saat masa covid 19. Serta publisitas berupa kegiatan yang diselenggarakan misalnya Expo Unwira yang memperlihatkan kelebihan dan informasi mengenai program studi serta fakultas yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Facebook, aktivitas promosi dan perguruan tinggi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 27 Apr 2022 00:58
Last Modified: 03 Nov 2022 07:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5080

Actions (login required)

View Item View Item