Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada Bidang Pertanian Di Desa Alas Selatan Kecamatan Kobalima Timur Kabupaten Malaka

NURAK, Melkianus Don Bosko (2019) Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada Bidang Pertanian Di Desa Alas Selatan Kecamatan Kobalima Timur Kabupaten Malaka. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (840kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (46kB)

Abstract

Adapun masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada Bidang Pertanian DiDesa Alas Selatan Kecamatan Kobalima Timur Kabupaten Malaka. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah peran pemerintah desa dalam pemberdayaan masyarakat. Peran pemerintah desa dalam pemberdayaan masyarakat merupakan teknik atau cara untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. Ada 3 variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) regulator(2) dinamisator (3) kapasitas sarana dan prasarana.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik pengelolaan dan analisa data penulis menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwadari Regulator Menunjukan ada peraturan desa mengenai pemberdayaan masyarakat.Hasilnya sebagian besar anggota Kelompok tani sinar pagi sangat tekun dalam mengembangkan pemberdayaan demi kemajuan ekonomi keluarga maupun ekonomi kelompok. Dinamisator menunjukan bimbingan, pelatihan belum maksimal hal ini karena pemerintah kabupaten Malaka hanya memberikan pembekalan saja tanpa ada kegiatan lanjut tetang pelatihan khusus keahlian demi mendukung masyarakat kelompoktani sinar pagi agar mereka lebih memahami tentang cara menanam sesuai dengan pembekalan yang telah diberikan.Hasilnya adalah sebagian masyarakat tidak mengerti. Kapasitas sarana dan prasarana Menunujukan bahwa sangat bagus hal ini karena berkat laporan dari pemerintah desa Alas Selatan maka ada bantuan dari pemerintah kabupaten Malaka berupa bibit jagung, mesin kripik dan traktor. Hasilnya adalah hasil panen masyarakat meningkat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada Bidang Pertanian DiDesa Alas Selatan Kecamatan Kobalima Timur Kabupaten Malakasecara umum sudah berjalan walaupun belum maksimal sehingga tujuan akhir dari pemberdayaan ekonomi masyarakat tersebut belum sepenuhnya tercapai. Saran dari penelitian ini adalah, (1) Pihak Desa Alas Selatan perlu melakukan perencanaan yang matang dan melakukan pendekatan terus-menerus sehingga pelatihan kepada masyarakat harus tuntas agar pelatihan, bimbingan dan pendidikan yang diberikan tersebut bisa diterima oleh masyarakat dengan baik.(2) Sarana dan prasarana yang diberikan kurang dari permintaan masyarakat sepertimesin kripik hanya satu buah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Pemerintah Desa Alas Selatan, Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 23 Oct 2019 04:37
Last Modified: 23 Oct 2019 04:37
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item