‘’Upaya Meningkatkan permainanan sambel Sejenis Pianika Pada Siswa-Siswi Minat Musik Kelas VII A SMPN 6 Kupang Tengah Dengan Lagu Model Indonesia Tetap Merdeka Melalui Metode Drill”. Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler.

TUKAN, Sesilia Yunita G (2019) ‘’Upaya Meningkatkan permainanan sambel Sejenis Pianika Pada Siswa-Siswi Minat Musik Kelas VII A SMPN 6 Kupang Tengah Dengan Lagu Model Indonesia Tetap Merdeka Melalui Metode Drill”. Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (167kB)

Abstract

Kegiatan bermusik sangatlah bervariasi, mulai dari kegiatan yang paling sederhana seperti mendengarkan musik,mengekspresikan musik kedalam lagu, membentuk kelompok ansambel musik sampai pada kegiatan yang paling kompleks yaitu pembelajaran ansambel musik. Pembalajaran ansambel musik sejenis pada peserta didik minat musik SMPN 6 Kupang Tengah dengan lagu model “Indonesia Tetap Merdeka” melalui metode drill. Permasalahan yang di angkat dalam penelitian yaitu bagaimana upaya guru meningkatkan keterampilan peserta didik mempraktekkan musik ansambel sejenis dengan lagu model “ Indonesia Tetap Merdeka“. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam permainan ansambel musik sejenis.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode tindakan lapangan. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa teknik yaitu studi pustaka dan studi lapangan. Studi pustaka berkaitann dengan buku-buku jurnal dan sumber internet. Studi lapangan berkaitan erat dengan perolehan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan permainan ansambel sejenis pada siswa-siswi minat musik SMPN 6 Kupang Tengah dengan lagu model ”Indonesia Tetap Merdeka”. Dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitiu tahap awal : melakukan pendekatan dengan guru Seni Budaya, perekrutan peserta didikdan menetapkan jadwal latihan. Tahap inti : melakukan proses latihan yang dimulai dengan penjelasan tentang ansambel, membagikan partitur lagu, memberikan contoh etude-etude dan cara memainkan intro pada lagu Indonesia Tetap Merdeka, memberikan arahan dan contoh pada bagian kedua lagu Indonesia Tetap Merdeka, memberikan arahan dan latihan lagu bagian ketiga, memainkan lagu secara keseluruhan. Tahap akhir : mempresentasikan hasil latihan.Kesulitan yang dialami peserta didik dalam latihan diatasi dengan cara memberi latihan berulang-ulang hingga mereka dapat menguasai. Saran dari peneliti,guru harus kreatif dalam memberikan pembelajaran musik,sehingga para peserta didik dapat tertarik dalam pembelajaran musikbaik dalam kegiatan belajar mengajar maupun dalam ekstra minat dan bakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peserta Didik, Permainan Ansambel Sejenis, Metode Dril.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 23 Oct 2019 04:48
Last Modified: 23 Oct 2019 04:48
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item View Item