Profil Kebiasaan Belajar Siswa Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Belajar (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas ViiiH Smpk St. Theresia” Disamakan” Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020)

SIRISOKUT, Adreas Litabi (2020) Profil Kebiasaan Belajar Siswa Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Belajar (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas ViiiH Smpk St. Theresia” Disamakan” Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (383kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kebiasaan belajar siswa kelas VIIIH SMPK St Theresia “Disamakan” Kupang, tahun 2019/2020? (2) Apa implikasinya bagi bimbingan belajar siswa kelasa VIIIH SMPK St Theresia “Disamakan” Kupang, Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian : (1) Untuk mengetahui kebiasaan belajar siswa kelas VIIIH SMPK St. Theresia “Disamakan” Kupang, Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) Untuk mengetahui implikasinya bagi bimbingan belajar siswa kelas VIIIH SMPK St Theresia “Disamakan” Kupang, Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Alat pengumpul data menggunakan angket.Teknik analisis data menggunakan analisis kecenderungan pusat/ Tendency central. Dari analisis data diperoleh hasil berupa rata-rata skor kebiasaan belajar siswa sebesar 162,568 berada di antara rentangan skor 158-187. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka kebiasaan belajar siswa kelas VIIIH SMPK St. Theresia, Disamakan” Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020 termasuk dalam kategori sangat tinggi. Bahwa kebiasaan belajar siswa dikategorikan sangat baik dalam program bimbingan belajar. Artinya dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII H memiliki kebiasaan belajar yang sangat baik. Dari hasil analisis data penelitian, maka peneliti memberikan saran kepada Kepala sekolah selaku penanggung jawab sekolah, diharapkan membuat kebijakan dan menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan bimbingan dan konseling yang sudah ada di sekolah agar semakin lebih baik dan diharapkan untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan kerja sama yang baik dengan guru BK, wali kelas dan guru mata pelajaran untuk selalu memperhatikan masalah kebiasaan belajar siswa. Guru BK hendaknya menjalin kerja sama yang baik dengan wali kelas dan guru mata pelajaran untuk mendapatkan informasi tentang siswa yang mengalami masalah untuk ditindaklanjuti dalam bimbingan belajar sehingga siswa dapat mengetahui tingkat kebiasaan belajar yang dimiliki. Siswa diharapkan untuk memanfaatkan bimbingan belajar yang ada di sekolah sebagai sarana untuk mengenal dan meningkatkan kebiasaan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 06 May 2022 05:25
Last Modified: 06 May 2022 05:25
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5143

Actions (login required)

View Item View Item