Pengaruh Keterlibatan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi Dan Daya Tarik Pesaing Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Dari Smartphone Samsung Ke Smartphone Xiaomi(Studi Pada Mahasiswa Strata Satu Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Widya Mandira Kupang)

MILLA, Mellyana Anggreni (2018) Pengaruh Keterlibatan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi Dan Daya Tarik Pesaing Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Dari Smartphone Samsung Ke Smartphone Xiaomi(Studi Pada Mahasiswa Strata Satu Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Widya Mandira Kupang). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (171kB)

Abstract

Pada era globalisasi, semakin banyak bermunculan berbagai macam merek smartphone. Keadaan ini membuat konsumen dihadapkan dalam berbagai alternatif pilihan, sehingga akan menyebabkan terjadinya perpindahan merek. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana gambaran tentang keterlibatan konsumen, kebutuhan mencari variasi, daya tarik pesaing dan keputusan perpindahan merek smartphone Samsung ke smartphone Xiaomi? 2) Apakah keterlibatan konsumen, kebutuhan mencari variasi dan daya tarik pesaing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan perpindahan merek smartphone Samsung ke smartphone Xiaomi? 3) Apakah keterlibatan konsumen, kebutuhan mencari variasi dan daya tarik pesaing secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan perpindahan merek smartphone Samsung ke smartphone Xiaomi? Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Strata Satu Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, yang melakukan perpindahan merek dari smartphone Samsung ke Xiaomi. Sampel ditentukan sebanyak 105 mahasiswa, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Data diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif memberikan gambaran Kategori persepsi variabel Keterlibatan Konsumen 80,57% kategori tinggi, variabel Kebutuhan Mencari Variasi 83,28% kategori tinggi, variabel Daya Tarik Pesaing 81,28% kategori tinggi dan variabel Perpindahan Merek 78,96% kategori tinggi. Berdasarkan analisis statistik regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y = 0,484 X1 + 0,166 X2 + 0,204 X3. Uji t menunjukkan variabel Keterlibatan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi dan Daya Tarik Pesaing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek. Uji F menunjukkan variabel Keterlibatan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi dan Daya Tarik Pesaing secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek. Koefisien determinasi = 0,345 atau 34,5% Perpindahan Merek merupakan kontribusi dari variabel Keterlibatan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi dan Daya Tarik Pesaing, sedangkan sisanya yaitu 65,5% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada Perusahaan smartphone Samsung dan Xiaomi agar memperhatikan kualitas, fitur, spesifikasi dan harga masing-masing produk, sehingga masing-masing perusahaan mampu mempertahankan dan meningkatkan penjualannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi, Daya Tarik Pesaing dan Perpindahan Merek.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 23 Oct 2019 05:14
Last Modified: 23 Oct 2019 05:14
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item View Item