Review Tipe Jalinan Jalan Pada Gedung Keuangan Negara (GKN) Kupang

NGONGO, Ardyanto Kristian (2020) Review Tipe Jalinan Jalan Pada Gedung Keuangan Negara (GKN) Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
0 FILE ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (64kB)

Abstract

Persimpangan adalah simpul pada jaringan jalan yang mempertemukan ruas- ruas jalan yang berbeda arah pada satu titik dan merupakan faktor yang penting guna mengoptimalkan pergerakan pengguna jalan. Kemacetan, kecelakaan, antrian ataupun tundaan adalah permasalahan transportasi yang sering terjadi di kota-kota besar, salah satunya di Kota Kupang. Pembalikan arah arus lalu lintas menggambarkan perubahan arus dan lajur gerak kendaraan dimana arah arus lalu lintas yang sebelumnya berjalan di jalur kiri berpindah ke jalur kanan, begitu juga sebaliknya. Area arus balik kendaraan tersebut dikenal dengan jalinan jalan. Akibat pola perilaku manuver kendaraan (lawan arus) tersebut akan menimbulkan risiko/konflik weaving (menyilang) maupun crossing (memotong). posisi jalinan seringkali di tempatkan tidak tegak lurus terhadap sumbu masuk/keluar kendaraan dari dan kejalan akses persil. Penyetaraan posisi jalinan tersebut memicu pelanggaran (lawan arus) sehingga meningkatkan risiko kecelakaan. Sebagaimana terlihat pada area bagian jalinan jalan Frans Seda depan Gedung Keuangan Negara (GKN) Kupang. Hasil analisis dari data tipe dan jumlah arah pergerakan manuver pada persimpangan yang telah ditentukan sehingga diketahui perilaku kendaraan pada saat melakukan manuver, seperti pada arah memisah, arah memotong, arah menyilang, dan arah menggabung. Dari hasil survei selama enam hari pengamatan didapat jenis pelanggaran tertinngi pada perilaku kendaraan yang paling banyak adalah pada arah memotong dengan total pelanggaran sebasar 2609 perilaku kendaraan yang melakukan manuver pada arah memotong. Karakteristik resiko kecelakaan lalulintas berdasarkan hasil analisis nilai konsekuensi dapat ditentukan dengan mengunakan grafik impact speed dan peluang fatalitas yang dapat diketahui bahwa impact speed lebih besar dari 30 km/jam maka peluang kecelakaan fatal adalah 10% dan diperkirakan kendaraan pengendara rusak sedang dan pengendara mendarita luka-luka, dengan Tingkat risiko yang terjadi pada persimpangan adalah tinggi dengan score perhitungan 10, untuk itu perlu adanya perencanaan pengendalian arus lalulintas. Solusi yang diambil untuk strategi dan teknik penanganan pada pengolaan rosiko kecelakaan didasarkan pada nilai peluang maupun konsekuensi tiap situasi berisiko. Semakin besar nilai peluang maupun konsekuensi, semakin tinggi tingkat risiko, agar pengelolaan risiko lebih objektif maka upaya yang di perlukan untuk meminimalkan risiko harus didasarkan pada nilai ( ) = ( )−1. Oleh karena itu strategi yang digunakan adalah JPH minimum harus diperkecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: REVIEW TIPE JALINAN JALAN PADA GEDUNG KEUANGAN NEGARA (GKN) KUPANG
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:01
Last Modified: 27 Apr 2022 02:01
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5165

Actions (login required)

View Item View Item