Model Hubungan Karakteristik Arus Lalu Lintas Dengan Kinerja Simpang Bersinyal “Studi Kasus Persimpangan Jl. Herewila Jl. Jend. Soeharto – Jl. Alfons Nisnoni – Jl. Jend. Sudirman”

SAHADOEN, Frederic E.T. (2020) Model Hubungan Karakteristik Arus Lalu Lintas Dengan Kinerja Simpang Bersinyal “Studi Kasus Persimpangan Jl. Herewila Jl. Jend. Soeharto – Jl. Alfons Nisnoni – Jl. Jend. Sudirman”. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (272kB)

Abstract

Persimpangan Herewila – Jl. Jend. Soeharto – Jl. Alfons Nisnoni – Jl. Jend. Sudirman merupakan salah satu persimpangan yang banyak dilewati kendaraan. Hal tersebut dikarenakan persimpangan ini merupakan daerah komersial, hal ini bisa dilihat dengan adanya perkantoran, bengkel, rumah makan, dan pertokoan. Pada persimpangan ini dapat dilihat bahwa banyak angkutan kota yang berhenti semaunya di dekat simpang untuk mencari penumpang yang mengakibatkan kemacetan pada jalan tersebut. Selain itu persimpangan ini juga tidak dukung dengan adanya belok kiri langsung dan tetap mengikuti isyarat lampu lalu lintas yang sekiranya dapat mengurangi panjang antrian pada tiap ruas jalan dan durasi lampu merah yang lama tidak sesuai dengan singkatnya lampu hijau pada saat jam–jam sibuk.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetaui karakteristik dan kinerja lalu lintas serta rekomendasi perbaikan pada simpang bersinyal jl. Herewila – jl. Jend. Soeharto-jl. Alfons Nisnoni – jl. Jend. Sudirman. Penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan data primer berupa jumlah pergerakan kendaraan yang memasuki persimpangan. Pengumpulan data ini dilakukan selama 6 hari pengamatan pada saat jam puncak pagi, siang dan sore dengan interval waktu pengamatan selama 15 menit. Selanjutnya data- data ini digunakan untuk mengetahui karakteristik arus lalu lintas pada persimpangan dan kinerja persimpangan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Hasil analisis karaktersitik dan kinerja lalu lintas pada simpang bersinyal ini didapat dari data arus maksimal pada jam puncak 07.00 – 08.00 dimana pada ruas jalan Jend. Soeharto dengan nilai Q=765,5 smp/jam, C=793,94 smp/jam, DS=0,96, QL=91 m. Pada ruas jl. Alfons Nisnoni dengan nilai Q=513,7 smp/jam, C=513,49 smp/jam, DS=1,00, QL=111 m. Pada ruas jl. Jend Sudirman dengan nilai Q=593,3 smp/jam, C=622,06 smp/jam, DS=0,95, QL=81 m.Pada ruas jl. Herewila dengan nilai Q=550,1 smp/jam, C=472,85 smp/jam, DS=1,16, QL=291 m. Sedangkan kinerja yang didapat berada pada tingkat pelayanan yang buruk(F), maka dilakukan beberapa simulasi perbaikan untuk meningkatkan kinerja persimpangan, dimana setelah melakukan simulasi perubahan kinerja mengalami peningkatan ke tingkat pelayanan yang baik. Dari penelitian yang dilakukan, dapat dilihat bahwa penentuan jalan mayor dan minor berdasarkan rasio arus kendaraan yang akan melakukan pergerakan lalu lintas baik itu gerakan menerus, belok kiri, dan belok kanan pada bundaran sangat berpengaruh pada strategi penentuan fase sinyal/waktu siklus yang sangat berguna bagi keamanan dan kenyamanan pada persimpangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Simpang bersinyal, Karakteristik lalu lintas, Kinerja lalu lintas
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CE Technical chronology. Calendar
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:15
Last Modified: 25 Apr 2022 01:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5179

Actions (login required)

View Item View Item