Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kapasitas Jalan Studi Kasus Ruas Jalan Jendral Soeharto Naikoten 1, Kec. Kota Raja, Kota Kupang

RADJA, Maria Irmala K. (2021) Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kapasitas Jalan Studi Kasus Ruas Jalan Jendral Soeharto Naikoten 1, Kec. Kota Raja, Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (447kB)

Abstract

Transportasi merupakan kebutuhan turunan (derived demand) akibat adanya aktivitas ekonomi, sosial, budaya dan sebagainya. Dalam kerangka makro ekonomi, transportasi merupakan tulang punggung perekonomian baik di tingkat nasional, regional maupun lokal, untuk wilayah perkotaan maupun pedesaan (Morlock 1986). Kota Kupang sebagai ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur dengan potensi yang cukup besar baik dibidang sektor pariwisata maupun industri memberikan nilai lebih terhadap berbagai peluang bisnis dan investasi. Dengan demikian aktifitas yang terjadi akibat terbentuknya pusat-pusat kegiatan atau tata guna lahan seperti, adanya Pemukiman, Sekolah, Rumah Sakit, Pasar, Rumah Makan, Butik, Pertokoan dan Swalayan yang dapat menyebabkan pergerakan yang begitu besar yang akibatnya berpengaruh terhadap volume lalu lintas (Lelan 2020). Ruas jalan Jendral soeharto, Naikoten 1, Kec. Kota Raja, merupakan salah satu jalan di kota Kupang yang terdapat berbagai pusat kegiatan seperti Rumah Sakit, Rumah makan, Pertokoan, Pasar, Bank, Hotel, SPBU. Akibatnya ruas jalan Jendral soeharto ini memiliki aktivitas lalu llntas yang tinggi dan terjadi aktivitas disamping jalan yang kemudian disebut sebagai hambatan samping, diantaranya aktivitas parkir yang menyita badan jalan, pejalan kaki yang menyeberang dan berjalan dipinggir ruas jalan, dan kendaraan yang lambat dan kendaraan yang keluar masuk di ruas jalan Jendral soeharto. Pada ruas jalan Jendral Soeharto di pasang Road Barrier Beton yang merupakan salah satu jenis beton pracetak yang berfungsi sebagai pembatas jalan yang dirancang untuk konstruksi permanen, Road Barrier Beton sendiri adalah salah satu jenis Road Barrier yang sering digunakan dengan tujuan untuk memperlancar lalu lintas, mengontrol lalu lintas, memberi tuntunan arus dan menghambat lokasi yang tidak bisa di lewati. Tetapi seiring dengan tingginya tingkat kepemilikan kendaraan pribadi, terutama kendaraan bermotor yang pada kenyataannya pemasangan Road Barrier pada ruas jalan Jendral Soeharto ini justru membuat lebar jalan menjadi berkurang yang mengakibatkan terjadinya kemacetan yang panjang di sepanjang ruas jalan karena adanya kendaraan yang melakukan putar arah atau putar balik di ujung Road Barrier. Penelitian yang di lakukan pada ruas jalan Jendral Soeharto, khususnya disekitar Hotel Sylvia sampai dengan Rumah Sakit Undana. Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kapasitas Jalan (Lokasi Studi Ruas Jalan Jendral Soeharto, Naikoten 1, Kec. Kota Raja, Kota Kupang) (Dibimbing oleh Dr. Don G. N. Da Costa, ST., MT dan Sri Santi Seran, ST., Msi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hambatan samping terhadap kapasitas dan tingkat pelayanan dan memberikan alternatif penanganan. Pengaruh hambatan samping terhadap kapasitas dan tingkat pelayanan pada ruas jalan pada titik 1 dan 2 tergolong tidak stabil dan pada titik 2 ruas jalan stabil, maka dari itu dilakukan penanganan berupa pembatasan hambatan samping pada titik 1 dan titik 2 sehingga ruas jalan pada titik 1 dan 2 menjadi stabil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh hambatan samping, Kapasitas jalan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 06 May 2022 02:32
Last Modified: 06 May 2022 02:32
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5187

Actions (login required)

View Item View Item