Upaya Meningkatkan Teknik Vokal Phrasering Pada Siswa-Siswi SMPN Satap Nggemo, Desa Magekapa Kecamatan Maukaro, Kabupaten Ende Melalui Metode Drill Dengan Model Lagu Tanah Tumpah Darahku

MBEMBE, Yohana (2021) Upaya Meningkatkan Teknik Vokal Phrasering Pada Siswa-Siswi SMPN Satap Nggemo, Desa Magekapa Kecamatan Maukaro, Kabupaten Ende Melalui Metode Drill Dengan Model Lagu Tanah Tumpah Darahku. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (197kB)

Abstract

Teknik Vokal adalah teknik yang digunkan oleh seorang penyanyi dalam membawakan sebuah karya musik vokal, yang memiliki tujuan untuk memperoleh produksi suara yang lebih baik sebagai media penyampaian musik sehingga bisa menghasilkan sajian vokal yang dapat menyampaikan ide-ide musik secara tepat dan indah. Penguasaan terhadap teknik vokal adalah salah satu tuntutan umum bagi siswa siswi peminat paduan suara. Selain mengenal dan memahami cara bernyanyi paduan suara, para siswa/i juga dituntun untuk menguasai teknik- teknik vokal dalam bernyanyi, yang salah satunya adalah teknik phrasering. Teknik phrasering sangat penting dalam kegiatan bernyanyi, karena ketika menggunakan teknik ini dengan baik dan benar maka para penikmat musik dengan sendirinya mengerti apa arti dan pesan penting yang terdapat dalam lagu yang kita nyanyikan. Penelitian ini berjudul upaya meningkatkan teknik vokal phrasering pada siswa/siswi SMPN Satap Nggemo Desa Magekapa Kecamatan Maukaro Kabupaten Ende melalui metode drill dengan model lagu Tanah Tumpah Darahku (lagu wajib nasional yang diciptakan oleh Cornel Simanjuntak dan Sanusi Pane). Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya peningkatan teknik vokal phrasering pada siswa/siswi SMPN Satap Nggemo, Desa Magekapa, Kecamatan Maukaro, Kabupaten Ende melalui metode drill dengan model lagu Tanah Tumpah Darahku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: metode yang digunakan dalam meningkatkan teknik vokal phrasering pada siswa/siswi SMPN Satap Nggemo, Desa Magekapa, Kecamatan Maukaro, Kabupaten Ende melalui metode drill dengan model lagu Tanah Tumpah Darahku dilakukan melalui beberapa tahap yaitu tahap awal, peneliti melakukan observasi wawancara dengan guru senibudaya sekaligus permintaan ijin kepada kepala sekolah. Tahap inti, proses latihan dalam upaya menerapkan teknik vokal phrasering difokuskan pada latihan pernapasan khususnya pernapasan diafragma, menyanyikan etude, dan latihan menyanyikan lagu Tanah Tumpah Darahku menggunakan pemenggalan kalimat yang baik dan benar. Tahap akhir adalah pementasan lagu Tanah Tumpah Darahku sesuai dengan apa yang telah dilatih bersama. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan teknik vokal phrasering pada siswa/siswi SMPN Satap Nggemo Desa Magekapa Kecamatan Maukaro Kabupaten Ende melalui metode drill dengan model lagu Tanah Tumpah Darahku membawa perubahan positif pada siswa/siswi SMPN Satap Nggemo yang ikut serta dalam penelitian penulis walaupun masih terjadi kesalahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan yang mereka miliki karena dilakukan secara berulang-ulang sehingga itu menjadi bekal untuk pengetahuan di hari esok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik vokal, Phrasering, siswa-siswi SMPN, lagu Tanah Tumpah Darahku, metode Drill.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 12 May 2022 01:03
Last Modified: 12 May 2022 01:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5201

Actions (login required)

View Item View Item