Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Biologi Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Lebatukan–Lembata

TERENG, Maria Fatima Letek (2021) Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Biologi Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Lebatukan–Lembata. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV_compressed (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (413kB)

Abstract

Masa pandemi covid -19 berpengaruh terhadap proses pembelajaran yang mengakibatkan pembelajaran diseluruh Indonesia mengharuskan peserta didik untuk melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh (dari rumah). Dengan pembelajaran online peserta didik memiliki keleluasaan dalam waktu belajar, dapat belajar kapanpun dan dimanapun, pembelajaran juga merupakan sekumpulan metode pengajaran dimana terdapat aktivitas pengajaran yang dilaksanakan secara terpisah dari aktivitas belajar, pembelajaran online memberikan manfaat dalam membantu menyediakan akses belajar bagi semua orang. Pembelajaran biologi secara online ini tentu menimbulkan persepsi yang berbeda-beda bagi setiap peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran online pada Mata Pelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Lebatukan-Lembata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data diambil melalui penyebaran angket yang dimasukkan ke dalam google form kemudian dikirim kepada peserta didik yang terisi 24 pernyataan yang menggunakan skala likert untuk mengukur persepsi peserta didik terhadap pembelajaran secaran online. Hasil analisis data dapat ditinjau dengan 3 indikator yaitu materi ajar memperoleh persentase rata-rata 69,20% termasuk dalam kategori setuju, indikator pada suasana belajar memperoleh persentase rata-rata 75,30% termasuk dalam kategori setuju dan indikator interaksi peserta didik memperoleh persentase rata-rata 73,70% termasuk dalam kategori setuju Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa peserta didik setuju terhadap pembelajaran online pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Lebatukan-Lembata. Hal ini ditunjukan dengan rata rata kategori jawaban dari ketiga indikator tersebut sebesar 72,73%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pembelajaran online, Pembelajaran biologi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:43
Last Modified: 25 Apr 2022 03:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5252

Actions (login required)

View Item View Item