Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Studi Pustaka

NAY, Maria Anjelina (2021) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Studi Pustaka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (74kB)

Abstract

Hasil belajar peserta didik rendah dikarenakan sebagian peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran di kelas.Oleh karena itu salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran yang inofati. Solusi terhadap masalah ini telah ditemukan oleh beberapa peneliti terdahulu yang menggunakan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa sehingga hasil belajar siswapun meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP melalui studi pustaka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah mengumpulkan berbagai macam sumber pustaka yang relavan berupa skripsi dan jurnal. Data yang ada kemudian diuraikan secara sistematis untuk mempermudah penulis dalam menyelesaikan masalah yang sedang diteliti dan setelah diteliti penulis akan mengidentifikasi wacana dari sumber yang ada untuk memperoleh hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPA peserta didik SMP melalui studi pustaka yang menggunakan model Problem Based Learning sebelum dan sesudah diberi perlakuan rata-rata pretest ke posttest mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan data hasil penelitian yang didapat berupa nilai posttest semuanya mengalami peningkatan setelah menggunakan pembelajaran Problem Based Learning dan nilai rata-rata posttest yang didapat semuanya memenuhi standar ketuntasanya minimum yang telah di terapkan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMP mata pelajaran IPA melalui studi pustaka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning,Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Studi Pustaka.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 05 May 2022 00:30
Last Modified: 05 May 2022 00:30
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5256

Actions (login required)

View Item View Item