Studi Literatur Pengaruh Penerapan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama

DA SILVA, Stanislaus Benediktus Loro (2021) Studi Literatur Pengaruh Penerapan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (178kB)

Abstract

Pada masa pandemic covid-19 seperti saat ini, sekolah-sekolah di tutup, kegiatan praktikum di laboratorium sekolah ditiadakan, pada hal kegiatan praktikum adalah suatu keharusan untuk membangun pembelajaran bermakna. Selain itu kendala - kendala pembelajaran seperti; ketidak lengkapan alat-alat laboratorium, kekurangn biaya untuk membeli bahan-bahan praktikum dan resiko keamanan saat praktikum. Kendala – kendala seperti ini yang menyebabkan peserta didik tidak mendapat kesempatan untuk menguji suatu teori IPA. Sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik tersebut. Oleh karena itu salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan laboratorium virtual, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan laboratorium virtual terhadap hasil belajar IPA peserta didik Sekolah Menengah Pertama melalui studi literatur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun beberapa sumber yang digunakan antara lain, buku – buku teks, jurnal ilmiah, refrensi statistik, hasil – hasil penelitian dalam bentuk skripsi, tesis, desertasi, dan sumber lainnya yang relevan. Data yang ada kemudian diuraikan secara sistematis utuk mempermudah penulis dalam menyelesaikan masalah yang sedang diteliti dan selanjutnya penulis akan mengidentifikasi sumber yang ada untuk memperoleh hasil penelitian. Data yang dikumpulkan dari hasil penelitian terdahulu dengan penerapan laboratorium virtual menunjukkan bahwa hasil rata – rata nilai posttest mengalami peningkatan dari rata – rata nilai pretest seperti penelitian dari Martini & Sucipto (2013), peningkatan sebesar 32,28, Permana dkk (2016), peningkatan 44,67, Rusliati & Retnowati (2019), peningkatan 39, Halimah dkk (2019), peningkatan 30,79, Anggraeni, dkk (2020), peningkatan 3,44, Risnawati dkk (2020), peningkatan 55,97, Jannah, dkk (2021), peningkatan 45,83, Rahma (2021), peningkatan 21,47, Argandi (2014), peningkatan 32,28, dan Harun (2019), peningkatan 31,67. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian yang dilakukan melalui studi literatur dapat disimpulkan bahwa penerapan laboratorium virtual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data penelitian yang menunjukkan peningkatan pada data rata – rata hasil tes awal (pretest) ke tes akhir (posttest).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Laboratorium Virtual, Hasil Belajar IPA, Studi Literatur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Biologi
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 05 May 2022 00:57
Last Modified: 05 May 2022 00:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5282

Actions (login required)

View Item View Item