Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Studi Pustaka

PAULINO, Anton Dhae Tage Mario (2021) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Studi Pustaka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (204kB)

Abstract

Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah adalah salah satunya dengan perbaikan proses belajar mengajar atau pembelajaran. Jika ditinjau dari sisi kurikulum yang berlaku saat ini adalah kurikulum tahun 2013 (K13), menuntut perubahan paradigma dalam pendidikan dan pembelajaran, khususnya dalam jenjang pendidikan formal. Perubahan tersebut tentunya diikuti oleh guru yang bertanggungjawab atas penyelengaraan pendidikan di sekolah. Model Problem Based Learning adalah alternatif model pembelajaran inovatif yang dikembangkan berdasarkan paradigma konstruktif. Model pembelajaran berbasis masalah memberikan peluang pemberdayaan potensi berpkir kritis peserta didik dalam aktivitas pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dalam konteks kehidupan dunia nyata yang kompleks. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model problem based learning berpengharuh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi pustaka,data yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian terdahulu dimana sumber penelitian berasal dari skripsi dan jurnal yang selanjutnya dianalisis dengan tahapan yang meliputi transkripsi data,reduksi data,tabulasi data,penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukan perbedaan nilai pretest dan postest dimana nilai posttest 81,70 lebih tinggi dibanding nilai pretes yaitu 57,43. Terjadi peningkatan sebesar 24,27 setelah menerapkan model problem based learning. Kesimpulan dari penenlitian ini adalah penerapan model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP melalui studi pustaka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Studi Pustaka.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Biologi
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 13 May 2022 03:19
Last Modified: 13 May 2022 03:19
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5287

Actions (login required)

View Item View Item