Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Paduan Suara A Capella Sejenis Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Pada Mahasiswi Semester II Dan IV Minat Paduan Suara Program Studi Pendidikan Musik Unwira Kupang Tahun Akademik 2018/2019

RADO, Bonifasius Heribertus (2020) Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Paduan Suara A Capella Sejenis Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Pada Mahasiswi Semester II Dan IV Minat Paduan Suara Program Studi Pendidikan Musik Unwira Kupang Tahun Akademik 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
Lembaran pengesahan skripsi.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (218kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitan ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan bernyanyi paduan suara dalam masing-masing partai suara dan bagaimana meningkatkan harmonisasi dalam menyanyikan lagu pada paduan suara a capella sejenis sehingga menghasilkan paduan suara yang harmoni. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guna meningkatkan kemampuan bernyanyi dari anggota paduan suara dalam masing-masing partai suara sehingga menghasilkan paduan suara yang harmoni. Metode yang digunakan adalah metode tindakan lapangan dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peneliti melaksanakan dalam 3 (tiga) tahap yaitu tahap persiapan, tahap inti dan tahap akhir. Pada tahap persiapan, peneliti melakukan perekrutan anggota paduan suara yang terdiri dari 20 orang mahasiswi masing-masing 10 orang dari semseter II dan 10 orang dari semester IV yang merupakan kelompok minat paduan suara. Pada tahap inti, peneliti melakukan penelitian selama 8 kali pertemuan, dimana peneliti menjelaskan secara umum materi paduan suara dan mendengarkan lagu yang akan dinyanyikan. Kemudian peneliti melakukan pengenalan dasar tangga nada C naural dan tangga nada Es sesuai dengan nada dasar pada lagu dan dilanjutkan dengan membaca notasi pada lagu sesuai dengan masing-masing partai suara. Selanjutnya melatih anggota paduan suara teknik artikulasi dan pengucapan bahasa Inggris, serta teknik intonasi sesuai jangkauan nada pada lagu. Selanjutnya peneliti bersama anggota paduan suara menyanyikan lagu secara bersama-sama dalam tempo lambat dengan dinamika yang ada pada lagu. Dalam penelitian ini, tidak terlepas dari adanya kesulitan yang ditemukan anggota paduan suara selama pertemuan berlangsung seperti kesulitan dalam nada-nada kromatis, mengatur volume suara dan warna suara. Semua kesulitan ini, dapat diatasi dengan latihan secara berulang-ulang dalam kelompok partai suara dan melatih teknik vokal yang dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif. Berdasarkah hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya metode kooperatif, kemampuan bernyanyi paduan suara dapat dibangun pada paduan suara a capela sejenis pada mahasiswi semester II dan IV minat paduan suara Program Studi Pendidikan Musik UWIRA Kupang tahun akademik 2018/2019. Hal ini terbukti pada tahap akhir dari hasil pementasan paduan suara a capella sejenis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bernyanyi, Paduan Suara sejenis,A Capella,mahasiswi, Kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 19 May 2022 04:45
Last Modified: 19 May 2022 04:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5330

Actions (login required)

View Item View Item