Penerapan Model Pembelajan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Materi Pokok Getaran Dan Gelombang Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

OBE, Benediktha (2019) Penerapan Model Pembelajan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Materi Pokok Getaran Dan Gelombang Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSKRAK.pdf

Download (847kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)

Abstract

Model pembelajan kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) adalah model pembelajaran yang kooperatif yang berguna untuk mempengaruhi pola interaksi para siswa. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dalam pembelajaran fisika materi pokok getaran dan gelombang peserta didik kelas VIII C semester genap SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019” Secara spesifiknya adalah: 1). Bagaimana Kemampuan Guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS)?, 2). Bagaimana Ketrapilan kooperatif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS)?, 3). Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS)?, 4). Bagaiamana hasil belajar fisika peserta didik dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS)?, 5). Bagiamana respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaranmenerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS)? Dari rumusan masalah tersebut, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah “mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) materi pokok getaran dan gelombang pada peserta didik kelas VIII C semester genap SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019”. Secara spesifiknya adalah: 1). Mendeskripsikan Kemampuan Guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS)?, 2). Mendeskripsikan Ketrapilan kooperatif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS)?, 3). Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS)?, 4). Mendeskripsikan hasil belajar fisika peserta didik dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS)?, 5).Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pelaks anaan pembelajaran menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS)?. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah Guru (Peneliti) dan peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 2 Kupang yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Tes dan angket. Sedangkan Instrumen yang digunakan adalah Lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, Lembar pengamatan ketrampilan kooperatif, tes hasil belajar, dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis hasil penelitian yang digunakan adalah Teknik analisis statistik deskriptif meliputi, perhitungan skor rata, porsi danm persentase. Dari hasil analisis statistik deskriptif menunjukan bahwa secara umum kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) Adalah optimal dengan skor rata-rata tiap aspek yang meliputi: Perencanaan pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar. Ketrampilan kooperatif Peserta didik yang terdiri dari 5 aspek yang meliputi: Berada dalam tugas, mengambil giliran dan berbagi tugas, mendorong berpartisipasi, bertanya atau menjawab dan mendengarkan dengan aktif semuanya berada pada batasan efektivitas sesuai dengan yang ditetapkan. Ke-10 Indikator yang disiapkan dalam penelitian ini semuanya tuntas. Hasil belajar peserta didik sebagisn besar tuntas. Respon peserta didik terhadap proses pembelajaran adalan Baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:19
Last Modified: 06 Jun 2022 02:19
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5331

Actions (login required)

View Item View Item