Integrasi Level Makroskopik, Sub Mikroskopik, Dan Simbolik Melalui Pengembangan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pengetahuan Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan

AGANG, Marianus Jefri (2020) Integrasi Level Makroskopik, Sub Mikroskopik, Dan Simbolik Melalui Pengembangan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pengetahuan Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi dengan masalah dimana buku dan LKS kurang memberikan pemahaman mengenai konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) yang membutuhkan penjelasan level makroskopik dan sub mikroskopik. Pemahaman tiga level representasi kimia merupakan dasar untuk memahami kimia. Untuk itulah tiga level representasi kimia perlu diwujudkan dalam media pembelajaran.Tujuan pada penelitian (1) Mengetahui validitas video pembelajaran yang mengintegrasikan level makroskopik, sub mikrsokopik, dan simbolik pada materi kelarutan dan hasil kalli kelarutan (Ksp) yang dikembangkan, (2) Mengetahui respon peserta didik terhadap video pembelajaran yang mengintegrasikan level makroskopik, sub mikroskopik, dan simbolik pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp), (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar pengetahuan (KI 3) peserta didik setelah menggunakan video pembelajaran yang mengintegrasikan level makroskopik, sub mikroskopik, dan simbolik pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D) dengan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, dkk (1974) dengan tahap define, design dan develop. Hasil dari penelitian ini adalah (1) validitas video pembelajaran yang diperoleh dari penilaian 2 orang validator ahli materi dengan kategori sangat valid dan validator ahli media dengan kategori sangat valid, (2) Hasil respon peserta didik terhadap video pembelajaran yang mengintegrasikan level makoskopik, sub mikroskopik dan simbolik tergolong kategori sangat baik dengan persentase 92,533%, dan (3) Peningkatan hasil belajar pengetahuan (KI-3) peserta didik setelah menggunakan video pembelajaran tergolong kriteria sedang dengan nilai N-Gain rata-rata sebesar 0,57.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Video Pembelajaran, Integrasi Representasi Kimia, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp), Respon Peserta Didik, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Pd Rhysto Kila
Date Deposited: 23 May 2022 01:57
Last Modified: 23 May 2022 01:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5388

Actions (login required)

View Item View Item