Hubungan Antara Sikap Responsif Peserta Didik Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Yang Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Materi Pokok Larutan Asam Dan Basa Kelas XI MIA 2 SMA Plus St. Albertus Agung Weleun Malaka Tengah Tahun Ajaran 2020/2021

LANGKAMAU, Felisitas Katona Golu (2021) Hubungan Antara Sikap Responsif Peserta Didik Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Yang Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Materi Pokok Larutan Asam Dan Basa Kelas XI MIA 2 SMA Plus St. Albertus Agung Weleun Malaka Tengah Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK Felisitas K.G Langkamau-converted.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (131kB)

Abstract

Pembelajaran dengan pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang memberikan pengalaman belajar bagi siswa untuk mengkonstruksikan pengetahuannya melalui kegiatan ilmiah. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana sikap responsif peserta didikkelas XI MIA 2SMA Plus St. Albertus Agung Weleun Malaka Tengah tahun ajaran 2020/2021? (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok larutan asam dan basa kelas XI MIA 2 SMA Plus St. Albertus Agung Weleun Malaka Tengah tahun ajaran 2020/2021? (3) Adakah hubungan yang signifikan antara sikap responsif dengan hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok larutan asam dan basa pada peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Plus St. Albertus Agung Weleun Malaka Tengah tahun ajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui sikap responsif peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Plus St. Albertus Agung Weleun Malaka Tengah tahun ajaran 2020/2021. (2) Mengetahui hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok larutan asam dan basa kelas XI MIA 2 SMA Plus St. Albertus Agung Weleun Malaka Tengah tahun ajaran 2020/2021. (3) Mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara sikap responsif dengan hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok larutan asam dan basa pada peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Plus St. Albertus Agung Weleun Malaka Tengah tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Sikap Responsif peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Plus St. Albertus Agung Weleun Malaka Tengah tahun ajaran 2020/2021 tergolong dalam kategori baik dengan persentase rata-rata sebesar 79%. (2) Hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok larutan asam basa kelas XI MIA 2 SMA Plus St. Albertus Agung Weleun Malaka Tengah tahun ajaran 2020/2021 tergolong dalam kategori tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 84,42. (3) Ada hubungan yang cukup kuat dan signifikan antara sikap responsif peserta didik dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok larutan asam basa kelas XI MIA 2 SMA Plus St. Albertus Agung Weleun Malaka Tengah tahun ajaran 2020/2021 dengan nilai koefisien korelasi rxy sebesar 0,48 dan nilai thitung > ttabel atau 2,571 > 2,110.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sikap Responsif, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Rhysto Kila
Date Deposited: 24 May 2022 01:00
Last Modified: 24 May 2022 01:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5395

Actions (login required)

View Item View Item