Analisis Pengaruh Rasio Right Turn Terhadap Kinerja Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus Simpang Jalan Timor Raya - Jalan Nangka Dan Jalan Samratulangi Raya - Jalan Samratulangi I Kota Kupang)

SABA, Christinna Odilla (2021) Analisis Pengaruh Rasio Right Turn Terhadap Kinerja Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus Simpang Jalan Timor Raya - Jalan Nangka Dan Jalan Samratulangi Raya - Jalan Samratulangi I Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (659kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
BAB IV_compressed (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (629kB)

Abstract

Rasio kendaraan belok kanan berpengaruh terhadap tundaan dan peluang antrian pada simpang tak bersinyal. Penelitian ini akan membandingkan pengaruh rasio belok kanan terhadap kinerja simpang pada dua lokasi dengan karakteristik rasio belok kanan berbeda, yaitu pada simpang Jl. Timor Raya – Jl. Nangka dengan volume belok kanan tinggi dan simpang Jl. Samratulangi Raya – Jl. Samratulangi I dengan volume belok kanan rendah. Standar kinerja simpang menurut pedoman MKJI 1997. Pada simpang Jl. Timor Raya – Jl. Nangka diperoleh hasil bahwa rasio belok kanan berpengaruh terhadap kinerja simpang tak bersinyal, dengan nilai derajat kejenuhan (DS)= 1,246 > 0,75, tundaan (D)= 57,80 det/smp > 25 det/smp dan peluang antrian (QP)= 63,6 %- 130,4 % > 50 %. Pengaruh rasio belok kanan terhadap (DS)= 97,53 %, (D)= 72,12 % dan (QP)= 96,15%-95,37% dengan tingkat pelayanan F (Buruk Sekali). Pada simpang Jl. Samratulangi Raya – Jl. Samratulangi I diperoleh hasil bahwa rasio belok kanan tidak berpengaruh terhadap kinerja simpang, dengan nilai (DS)= 0,586 < 0,75, (D)= 9,85 det/smp < 25 det/smp dan (QP)= 14,5 %-30,9 % < 50 % dengan tingkat pelayanan B (Baik). Solusi pada simpang Jl. Timor Raya – Jl. Nangka adalah menghilangkan hambatan samping, pelebaran jalan, memasang rambu larangan belok kanan dan pengaturan arus satu arah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: belok kanan, derajat kejenuhan, peluang antrian, simpang tak bersinyal, tundaan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 06 May 2022 05:27
Last Modified: 06 May 2022 05:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5397

Actions (login required)

View Item View Item