LOIN, Maria Halena Alexia (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Melalui Studi Pustaka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
FILE ABSTRAK.pdf Download (175kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (100kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (164kB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan kompetensi atau kemampuan tertentu seseorang baik kognitif, afektif, maupun psikomotorik yang dicapai atau dikuasai setelah mengikuti proses belajar mengajar. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar yaitu peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, sebagian peserta didik cenderung mengikuti pembelajaran dengan mendengar, mencatat dan selebihnya mengerjakan tugas yang diberikan guru tanpa adanya respon, kritik dan saran sebagai umpan balik (feed back), interaksi peserta didik dalam pembelajaran belum semua berpartisipasi aktif mengakibatkan hasil belajar rendah. Oleh karena itu salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif. Solusi yang ditawarkan atas permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar IPA melalui studi pustaka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah mengumpulkan berbagai macam data dari penelitian terdahulu berupa jurnal dan skripsi. Data yang ada kemudian dianalisis secara sistematis untuk membantu peneliti dalam menyelesaikan masalah yang sedang diteliti untuk dapat menjawab tujuan penelitian berupa ada tidaknya pemgaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar IPA. Hasil penelitian melalui studi pustaka menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar IPA yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing sebelum dan sesudah diberi perlakuan nilai rata-rata pretes-nya 52,05 ke posttest-nya 77,18 peningkatannya yaitu 25,13. Hal ini dikarenakan data hasil penelitian yang di dapat berupa nilai posttest semuanya mengalami peningkatan setelah menggunakan model Inkuiri Terbimbing. Namun untuk hasil posttes terdapat tujuh sekolah yang berhasil mencapai SKM Depdiknas dan masih terdapat tiga sekolah yang belum mencapai mencapai SKM yang ditetapkan Depdiknas untuk mata pelajaran IPA. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar IPA melalui studi pustaka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran inkuiri terbimbing, Hasil Belajar IPA,Studi Pustaka |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Pd Rhysto Kila |
Date Deposited: | 24 May 2022 01:07 |
Last Modified: | 24 May 2022 01:07 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5398 |
Actions (login required)
View Item |