Inspeksi Keselamatan Jalan Dan Analisis Resiko Kecelakaan Pada Ruas Ruas Jalan Prof. Dr. Herman Johanes Penfui Timur Kota Kupang

MANTONAS, Richardus (2021) Inspeksi Keselamatan Jalan Dan Analisis Resiko Kecelakaan Pada Ruas Ruas Jalan Prof. Dr. Herman Johanes Penfui Timur Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (52kB)

Abstract

Angka kecelakaan lalu lintas di Provinsi Nusa Tenggara Timur masih tergolong tinggi. Data angka kecelakaan lalu lintas di NTT pada tahun 2018 adalah sebanyak 416 kasus dengan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 128 jiwa serta 685 korban luka berat dan luka ringan. Pada ruas jalan Prof. Dr Herman Yohanes Penfui sampai jalan San Juan Kupang tidak terdapat keseimbangan antara kondisi arus lalu lintas, kondisi geometrik jalan, kondisi lingkungan jalan dan kondisi pengguna jalan sehingga bila ruas jalan tersebut semakin macet dapat membahayakan keselamatan bagi para pengguna jalan. Pada penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi timbulnya resiko kecelakaan lalu lintas, tingkat resiko kecelakaan lalu lintas bagi pengguna jalan dan merekomendasikan strategi dan teknik penanganan terhadap permasalahan tersebut. Berdasarkan hasil anaisa dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang menimbulkan resiko kecelakaan yaitu laju pertambahan jumlah kendaraan bermotor >10% (semakin meningkat dari 5 tahun sebelumnya) dengan tingkat resiko bagi pengguna jalan 120 dengan dampak kemungkinan korban luka berat, kecepatan maksimum 58 km/jam diatas kecepatan rencana 40 km/jam dengan tingkat resiko bagi pengguna jalan 300 dengan dampak peluang meinggal dunia sangat tinggi dan perilaku pengguna yang tidak disiplin (sering melanggar aturan dan mengendarai dalam keadaan mabuk) dengan tingkat resiko bagi pengguna jalan 280 dengan dampak tingkat keparahan tinggi. Teknik pengendalian atau penanganan resiko kecelakaan bagi pengguna jalan: Pemberian sanksi yang tegas dan transparan, penegakan aturan secara tegas, mengadakan sosialisasi yang berkelanjutan dan Memasang rambu lalu lintas batas kecepatan yang disarankan (40km/jam).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Inspeksi keselamatan jalan, Resiko kecelakaan, Pengguna jalan, Ruas jalan, Pengemudi kendaraan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 25 Apr 2022 04:06
Last Modified: 25 Apr 2022 04:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5409

Actions (login required)

View Item View Item