Permainan Ansambel Gitar Bagi Mahasiswi Semester IV Program Studi Pendidikan Musik Dengan Lagu Model No Surprises Menggunakan Metode Drill

SOFITRA, Angelia Merisin (2021) Permainan Ansambel Gitar Bagi Mahasiswi Semester IV Program Studi Pendidikan Musik Dengan Lagu Model No Surprises Menggunakan Metode Drill. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (24kB)

Abstract

Pnguasaan terhadap permainan musik ansambel gitar membutuhkan sejumlah prasyarat yang harus dipenuhi terutama oleh mahasiswa kelompok minat gitar, program studi pendidikan musik UNWIRA sebagai salah satu lembaga pendidikan formal yang konsen mendidik calon tenaga pengajar dan pendidik bidang musim antara lain mempersiapkan kemampuan mereka dalam hal praktek bermain gitar. Berdasarkan pengamatan materi ajar yang diberikan umumnya mengambil lagu-lagu klasik yang diperoleh dari buku-buku praktek gitar klasik, dengan demikian wawasan mahasiswa tentang praktek gitar terbatas. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan permainan ansambel gitar mahasiswi semester IV pendidikan musik dengan model lagu No Surprises menggunakan metode drill. Tujuan dari penelian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran permainan ansambel gitar mahasiswi semester iv program studi pendidikan musik dengan menggunakan teknik yang baik dan benar.Penelitian ini bersifat kualitatif Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan lapangan atau teknik pengumpulan data berupa studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan ansambel gitar bagi mahasiswi semester IV program studi pendidikan musik dengan lagu model No Surprises menggunakan metode drill, dilakukan melalui 3 tahap yaitu tahap awal perekrutan anggota dan penentuan jadwal latihan, lalu masuk ke tahap inti, tahap inti terdiri dari pemberian materi, latihan etude, memperkenalkan lagu model, memainkan melodi lagu dan pola iringan dalam bentuk ansambel gitar. Tahap akhir dari penelitian ini adalah melakukan pementasan ansambel gitar. Dalam proses penelitian ini peneliti menemukan kesulitan yang dialami mahasiswi, yaitu penjarian tidak tepat dan tempo tidak teratur. Melihat kondisi ini upaya yang dilakukan peneliti adalah memberi contoh kemudian subjek penelitian mengikuti dan berlatih secara berulang-ulang dengan tempo yang lambat dan teratur. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa permainan ansambel gitar mahasiswi semester iv program studi pendidikan musik dengan model lagu No Surprises menggunakan metode drill ini berhasil dan sesuai dengan harapan setelah melalui proses 8 kali pertemuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Permainan Ansambel, Teknik Tirando, Apoyando, Metode Drill
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Rhysto Kila
Date Deposited: 24 May 2022 02:43
Last Modified: 24 May 2022 02:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5415

Actions (login required)

View Item View Item