Analisis Kesesuaian RPP Guru IPA Di SMP Negeri 1 Kupang Dengan Model Discovery Learning Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016

KEBAREK, Velsiana Naan (2021) Analisis Kesesuaian RPP Guru IPA Di SMP Negeri 1 Kupang Dengan Model Discovery Learning Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)

Abstract

RPP merupakan salah satu unsur terpenting dalam kurikulum yang harus disiapkan guru. Guru adalah seorang pendidik, pembimbing, pelatih, dan pengembang kurikulum yang dapat menciptakan kondisi dan suasana belajar yang kondusif, yaitu suasana belajar menyenangkan, menarik, memberi rasa aman, memberikan ruang pada peserta didik untuk berpikir aktif, kreatif, dan inovatif dalam mengeksplorasi dan mengelaborasi kemampuannya. Pengetahuan, keterampilan dasar, dan pemahaman yang mendalam seorang guru tentang tagihan kurikulum 2013 menentukan kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Masalah dalam penelitian ini adalah masih ditemukan penyusunan RPP yang kurang memperhatikan komponen-komponen yang termuat dalam RPP. Hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas RPP yang digunakan dalam proses pembelajaran. Maka perlu dilakukan suatu kajian untuk menilai kesesuaian RPP. Alasan peneliti memilih judul ini karena belum ada penelitian tentang menganalisis kesesuaian RPP guru IPA di SMP Negeri 1 Kupang dengan model discovery learning berdasarkan permendikbud Nomor 22 tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian RPP guru IPA di SMP Negeri 1 Kupang dengan model discovery learning berdasarkan permendikbud Nomor 22 tahun 2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar instrumen yang divalidasi oleh dua orang validator. Data yang dikumpulkan melalui lembar instrumen yang memuat 9 aspek utama komponen RPP kemudian dianalisis kesesuaiannya berdasarkan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016. Hasil penelitian dari 5 RPP yang disusun guru IPA di SMP Negeri 1 Kupang semuanya berada pada kategori sangat sesuai dengan perolehan rata-rata persentase 86,66%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada kesesuaian RPP guru IPA di SMP Negeri 1 Kupang dengan model discovery learning berdasarkan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis kesesuaian RPP, Discovery Learning, Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 24 May 2022 03:42
Last Modified: 24 May 2022 03:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5453

Actions (login required)

View Item View Item