Upaya Memperkenalkan Ansambel Gitar Dengan Lagu Model Yamko Rambe Yamko Melalui Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa Kelas X Minat Gitar SMKN 2 Kupang

WAGUR, Ardianto (2019) Upaya Memperkenalkan Ansambel Gitar Dengan Lagu Model Yamko Rambe Yamko Melalui Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa Kelas X Minat Gitar SMKN 2 Kupang. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (900kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (57kB)

Abstract

Pembelajaran alat musik gitar pada siswa SMKN 2 Kupang merupakan kegiatanekstrakurikuler di sekolah sebagai bagian datri upaya mengembangkan serta meningkatkan bakatsiswa dalam bidang musik yang mereka miliki. Masalah pokok dalam penelitian ini adalahbagaimanaupayamemperkenalkan ansambel gitardengan lagu model yamko rambe yamkodalamtangga nada c mayorpada siswa kelas X minat gitar SMKN2 Kupangmelaluimetode imitasi dandrill.Tujuan dari penelitian iniyaitu untuk mengetahui proses dalam upaya memperkenalkanansambel gitar bagi siswa kelas X minat gitar SMKN 2 Kupang. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif, metode yang digunakan yaitumetode tindakan lapangan. Untuk memperolehdata peneliti menggunakan teknikobservasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan upaya pembelajaran gitar ini dilakukanmelalui 3 tahap yakni, tahap awal perekrutan anggotapemain gitar dan penentuan jadwal latihan,tahap inti terdiri dari memainkan tangga nada c mayor, melatih melodi lagu, pola iringan, bass,penggabungan melodi pokok dan iringan, melodi pokok dan bass, pola iringasn dan bass, serta tahappemantapan dimana para siswa memainkannya dalam bentuk ansambel secara bergantian. Tahapakhir dari penelitian ini yaitu melakukan pementasan ansambel. Dalam pembelajarannya penelitimenemukan kesulitan yang dialami siswa terutama saat memainkan tangga nada c mayor, melodilagu, dan bass di mana jari para siswa masih sedikit kaku saat memetik ataupun saat berpindah kuncisehingga suara yang dihasilkan menjadi sumbang. Selanjutnya saat bermain bersama para siswamasih kurang kompak terutama dalam penguasaan tempo. Untuk mengatasi kesulitan itu penelitimelakukan latihan secara terus menerus dan juga memberikan contoh kepada siswa untuk ditiru.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwaUpaya Memperkenalkan AnsambelGitar Dengan Lagu Model Yamko Rambe Yamko MelaluiMetode Imitasi Dan Drill Pada SiswaKelas X Minat Gitar Smkn 2 Kupangini berhasil walaupun belum sempurna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ansambel, Gitar, metode Imitasi, Drill, dan Siswa-siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 25 Oct 2019 01:03
Last Modified: 25 Oct 2019 01:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item