Keterampilan Mendireksi Dengan Lagu Model Indonesia Raya Pola Birama 4/4 Melalui Metode Drill Pada Siswasiswi Kelas Vii A Di Smp Negeri 1 Nunpene, Kabupaten Timor Tengah Utara

Sutal, Maria Gracendra (2021) Keterampilan Mendireksi Dengan Lagu Model Indonesia Raya Pola Birama 4/4 Melalui Metode Drill Pada Siswasiswi Kelas Vii A Di Smp Negeri 1 Nunpene, Kabupaten Timor Tengah Utara. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (99kB)

Abstract

Dirigen atau konduktor adalah orang yang memimpin sebuah pertunjukan musik/koor melalui gerak isyarat. Pada dasarnya kemampuan mendireksi sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap orang yang memimpin sebuah paduan suara atau sekelompok pemain musik. Keadaan di lapangan saat ini khususnya di SMP Negeri I Miomaffo Timur Kabupaten Timor Tengah Utara,berdasarkan observasi awal, sebagai guru seni budaya belum menemukan siswa yang dapat menjadi dirigen yang baik dan khususnya kelas VIIA dimana hanya ada beberapa orang saja yang bisa mendirigen. Saat mendirigen banyak ditemukan kesalahan yang di lakukan siswa/siwi antaranya sikap badan yang tegap dan siap, sedangkan dalam dirigen harus dalam sikap siap. Kemudian dalam memberikan aba-aba tidak sesuai dengan ketukan. Adapun rumusan masalahya itu bagaimana Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan ketrampilan dan kemampuan mendireksi dengan model lagu Indonesia Raya melalui metode drill pada siswa/siswi kelas VIIA di SMPN I Miomaffo Timur, Nunpene. Peneltian ini bersifat kualitatif dengan tindakan lapangan. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pelatihan mendireksi, lagu Indonesia Raya ditempuh dengan proses latihan dilakukan selama 7 pertemuan yaitu : Peneliti menjelaskan tentang pengertian direksi, dan perandireksi dan polabirama 4/4, menjelaskan tentang posisi berdiri, gerakan tangan dan pandangan kedepan serta sikap siap dalam mendireksi, melatih pola gerakan ketukan 1,2,3, dan 4, melatih cara memulai lagu sampai mengakhiri lagu, menguji kembali teknik posisi berdiri, gerakan tangan arah pandangan yang benar saat mendireksi dan melatih lagu model Indonesia Raya, menguji dan melihat kembali yang dipraktikkan dengan teknik yang sudah diajarkan dan mendireksi lagu Indonesia Raya. Dapat disimpulkan bahwa dalam proses pelatihan mendireksi walaupun ada kesulitan tetapi dapat diatasi melalui metode Drill sehingga siswa/siswi dapat melaksanakan pola birama 4/4 dengan cukup baik. Siswa/siswi juga dibimbing secara individual maupun kelompok yang dilakukan secara berulang-ulang sampai mereka benar-benar menguasai teknik membirama 4/4 dengan lagu model Indonesia Raya secara baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mendireksi, siswa-siswi, Birama 4/4, lagu Indonesia Raya dan metode Drill.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 02 Dec 2021 01:32
Last Modified: 02 Dec 2021 01:32
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5504

Actions (login required)

View Item View Item