"Upaya Meningkatkan Keterampilan Mendireksi Dengan Lagu Model Indonesia Raya Pola Birama 4/4 Melalui Metode Drill Pada Siswa Siswi Kelas VII DI SMP Timpolmas Kupang"

SASI, Ingrid Mariana (2019) "Upaya Meningkatkan Keterampilan Mendireksi Dengan Lagu Model Indonesia Raya Pola Birama 4/4 Melalui Metode Drill Pada Siswa Siswi Kelas VII DI SMP Timpolmas Kupang". Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (605kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (406kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (148kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (553kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (133kB)

Abstract

Dirigen atau konduktor adalah orang yang memimpin sebuah pertunjukan musik/koor melalui gerak isyarat. pada dasarnya kemampuan mendireksi sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap orang yang memimpin sebuah paduan suara atau sekelompok pemain musik. Keadaan di lapangan saat ini khususnya di SMP Timpolmas Kupang. berdasarkan observasi awal, sebagai guru seni budaya belum menemukan siswa yang dapat menjadi dirigen yang baik dan khsususnya kelas VII dimana hanya beberapa orang saja yang bisa mendirigen. Saat mendirigen banyak ditemukan kesalahan yang dilakukan siswa antaranya sikap badan yang tidak tegap dan siap, sedangkan dalam dirigen harus dalam sikap siap. kemudian dalam memberikan aba - aba tidak sesuai dengan ketukan. Adapun rumusan masalah yaitu bagaimana upaya meningkatkan keterampilan mendireksi dengan lagu Model indonesia raya pada pola birama 4/4 melalui metode drill Pada siswa- siswi kelas VII DI SMP Timpolmas Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan dan kemampuan mendireksi dengan model lagu Indonesia Raya pola birama 4/4 melalui metode drill pada siswa – siswi kelas VII di SMP Timpolmas Kupang. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan tindakan lapangan. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan pelatihan mendireksi lagu Indonesia Raya dengan pukulan 4/4 dapat ditempuh dengan proses latihan dilakukam selama 6 pertemuan yaitu: peneliti menjelaskan tentang pengertian direksi dan peran direksi dan pola birama 4/4, menjelaskan tentang posisi berdiri, gerakan tangan dan pandangan kedepan serta sikap siap dalam mendireksi, melatih pola gerakan ketukan 1,2,3 dan 4, melatih cara memulai lagu sampai mengakhiri lagu, menguji kembali teknik posisi berdiri, gerakan tangan, arah pandangan yang benar saat mendireksi dan melatih lagu model Indonesia Raya, menguji dan melihat kembali yang dipraktekkan dengan teknik yang sudah diajarkan dan mendireksi lagu Indonesia Raya, mempresentasikan hasil penelitian dalam mendireksi lagu model Indonesia Raya pola Birama 4/4. Dapat disimpulkan bahwa dalam proses pelatihan mendireksi walaupun ada kesulitan tetapi dapat diatasi melalui metode drill sehingga siswa-siswi dapat melaksanakan pola Birama 4/4 dengan cukup baik. siswa-siswi juga dibimbing secara individual maupun kelompok yang dilakukan secara berulang-ulang sampai mereka benar-benar menguasai teknik Membirama 4/4 dengan lagu model Indonesia Raya secara baik dan benar

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mendireksi, Siswa-siswi, Birama 4/4, Lagu Indonesia Raya dan Metode Drill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 25 Oct 2019 01:14
Last Modified: 25 Oct 2019 01:14
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/553

Actions (login required)

View Item View Item