Penerapan Teknik Frasering Dalam Lagu Liturgi Di Sanggar Maha Suci Karya Paul Widyawan Melalui Metode Demonstrasi Pada Orang Muda Katolik Wilayah IX Paroki Santa Familia Sikumana Kupang

TITU, Mariana Aprilina (2019) Penerapan Teknik Frasering Dalam Lagu Liturgi Di Sanggar Maha Suci Karya Paul Widyawan Melalui Metode Demonstrasi Pada Orang Muda Katolik Wilayah IX Paroki Santa Familia Sikumana Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (28kB)

Abstract

Frasering adalah pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga kalimat lagu tersebut dapat memberikan, menjelaskan tema dan menyampaikan pesan selain itu juga frasering adalah usaha penyannyi untuk memperlihatkan struktur dari lagu. Orang Muda Katolik wilayah IX Paroki sSanta Familia Sikumana memiliki semagat dalam bernyanyi namun belum memilki teknik vokal yang baik khususnya teknik frasering. Orang Muda Katolik sering memenggal kata pada kalimat lagu sehingga makna dari lagu tersebut terdengar berbeda. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya menerapkan teknik frasering dengan lagu liturgi Di Sanggar Maha Suci Karya Paul Widyawan pada Orang Muda Katolik wilayah IX paroki Santa Familia Sikumana Kupang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan teknik frasering dengan menggunakan lagu liturgi Di Sanggar Maha Suci Karya Paul Widyawan kepada Orang Muda Katolik wilayah IX Paroki Santa Familia Sikumana Kupang. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan bersifat kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah studi pustaka berupa teknik pengumpulan data yang diperoleh dari sumber-sumber atau buku-buku yang relevan serta berhubungan dengan permasalahan dan studi lapangan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa proses penerapan teknik frasering pada lagu liturgi Di Sanggar Maha Suci menggunakan metode demonstrasi pada Orang Muda Katolik wilayah IX Paroki Santa Familia Sikumana Kupang yang dilaksanakan melalui 8 pertemuan yaitu pada Pertemuan Pertama yang berfokus memperkenalkan model lagu DI Sanggar Maha Suci. Pertemuan Kedua berfokus membaca syair dari lagu Di Sanggar Maha Suci. Pertemuan Ketiga latihan frase pada etude sederhana. Pertemuan Keempat latihan penyebutan huruf vokal A,I,U,E dan O. Pertemuan Kelima berfokus pada latihan teknik frasering. Pertemuan Keenam berfokus pada menyanyikan keseluruhan dari lagu liturgi Di Sanggar Maha Suci dengan menerapkan teknik-teknik yang telah diajarkan tahap akhir Pertemuan Ketujuh latihan persiapan pementasan. Pertemuan Kedelapan melakukan pementasan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan teknik frasering dalam lagu liturgi Di Sanggar Maha Suci pada Orang Muda Katolik sudah memahami pemenggalan kalimat yang baik dalam bernyanyi namun hasilnya belum sempurna dan masih mengalami kesulitan-kesulita namun diatasi dengan metode demonstrasi. Penerapan metode demostrasi dalam teknik frasering lagu liturgi Di Sanggar Maha Suci pada Orang Muda Katolik wilayah IX Paroki Santa Familia Sikumana Kupang dapat membantu Orang Muda Katolik memahami dan mempraktekan teknik frasering secara baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknik Frasering, Orang Muda Katolik, Metode Demonstrasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 25 Oct 2019 05:40
Last Modified: 25 Oct 2019 05:40
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/554

Actions (login required)

View Item View Item