Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengaransemen Lagu “Can’t Help Falling In Love With You” Untuk Vokal Grup Menggunakan Teknik Pengembangan Akor Bagi Mahasiswa Mahasiswi Semester III Prodi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang Dengan Menggunakan Metode Kreativitas

LATU, Yosef H. Lasma (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengaransemen Lagu “Can’t Help Falling In Love With You” Untuk Vokal Grup Menggunakan Teknik Pengembangan Akor Bagi Mahasiswa Mahasiswi Semester III Prodi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang Dengan Menggunakan Metode Kreativitas. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (904kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (284kB)

Abstract

Vocal grup merupakan kumpulan beberapa penyanyi yang bergabung menyanyanyikan sebuah lagu dengan ketingian suara yang berbeda. Dari segi aransemennya, lagu dalam vocal grup lebih bebas. Dari segi alat musiknya, vocal grup hanya menggunakan alat musik akustik. Realitas yang terjadi di Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang yakni mahasiswa mahasiswi lebih banyak mengarransemen lagu cendrung pada gaya paduan suara (koor). Oleh sebab itu, penulis merumuskan sebuah judul yakni “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengaransemen Lagu Untuk Vokal Grup Menggunakan Teknik Pengembangan Akor Bagi Mahasiswa Mahasiswi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang Dengan Menggunakan Metode Kreativitas.Masalah pokok dalam penelitian ini bagaimana upaya meningkatkan kemampuan mengaransemen lagu untuk vokal grup menggunakan teknik pengembangan akor bagi mahasiswa/mahasiswi semester III Pendidikan MusikUniversitas Katolik Widya Mandira Kupang? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkankemampuan mengaransemen lagu untuk vokal grup menggunakan teknik pengembangan akor bagi mahasiswa/mahasiswisemester IIIPendidikan MusikUniversitas Katolik Widya Mandira Kupangmenggunakan metode kreativitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kreativitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan mengarransemen lagu untuk vocal grup menggunakan teknik pengembangan akor bagi mahasiswa mahasiswi semester III Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang dilakukan melalui tahap –tahap yaitu: tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Tahap awal terdiri dari pemilihan anggota, penentuan jadwal latihan, dan pemberian materi serta notasi lagu. tahap inti yaitu proses latihan dimulai sesuai jadwal yang ditentukan. Tahap akhir yaitu pementasan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan mengarransemen lagu untuk vocal grup membawa perubahan pada mahasiswa mahasiswi semester III yang mengikuti proses pembelajaran ini, serta memberikan pengetahuan baru tentang pengembangan akor. Melaluimetode kreativitas ini diharapkan dapat membantu mahasiswa mahasiswi untuk mengembangkan kemampuan yang mereka miliki agar dapat menjadi bekal pengetahuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: vocal grup, arransemen, teknik pengembangan akor, metode kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 25 Oct 2019 03:17
Last Modified: 25 Oct 2019 03:17
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/557

Actions (login required)

View Item View Item