SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN LOGARITMA SISWA DITINJAU DARI TEORI APOS

Dosinaeng, Wilfridus SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN LOGARITMA SISWA DITINJAU DARI TEORI APOS. SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN LOGARITMA SISWA DITINJAU DARI TEORI APOS.

[img] Text
ARTIKEL_WILFRIDUS BEDA NUBA DOSINAENG_UNPAR 2018.pdf

Download (687kB)

Abstract

Pembelajaran matematika menjadi bermakna jika disertai dengan pemahaman. Hal ini menjadi problema tersendiri ketika hasil identifikasi awal yang dilakukan pada siswa kelas X SMAK Frateran Malang menunjukkan bahwa pemahaman logaritma siswa masih rendah walaupun telah mengikuti pembelajaran logaritma di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan scaffolding guna meningkatkan pemahaman logaritma siswa. Scaffolding didasarkan pada teori APOS yang menjelaskan pengonstruksian pemahaman seseorang dalam 4 level yang tersusun secara hierarkis meliputi level: aksi, proses, objek, dan skema. Jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu 1 siswa kelas X SMAK Frateran Malang yang berada pada level aksi dan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengidentifikasian level awal pemahaman logaritma siswa sebelum scaffolding didasarkan pada hasil tes awal dan wawancara awal. Dari hasil tersebut, peneliti kemudian melaksanakan scaffolding untuk membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman logaritmanya. Selanjutnya siswa diberikan tes akhir untuk mengamati peningkatan level pemahaman yang terjadi. Hasil analisis menunjukkan bahwa scaffolding yang dilakukan efektif yaitu terjadi peningkatan level pemahaman siswa dari level aksi ke level objek. Strategi scaffolding yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman level aksi ke level proses yaitu explaining (showing and telling) dan reviewing (looking and verbalizing ; prompting and probing); sedangkan strategi yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman level proses ke objek yaitu reviewing (prompting and probing; explaining and justifying) dan restructing (simplifying the problem : negotiating meaning).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Scaffolding, Pemahaman logaritma, teori APOS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: S.Pd,M.Pd Wilfridus Dosinaeng
Date Deposited: 30 Jul 2019 04:54
Last Modified: 30 Jul 2019 04:54
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item View Item