“Implementasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Bagi Masyarakat Kurang Mampu Di Desa Fanating Kecamatan Teluk Mutiara Kabupaten Alor”

YENMABI, Kornelia (2019) “Implementasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Bagi Masyarakat Kurang Mampu Di Desa Fanating Kecamatan Teluk Mutiara Kabupaten Alor”. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
abstrack.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (81kB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya dalam penyediaan perumahan yang layak huni di desa fanating kecamatan teluk mutiara Kabupaten Alor. Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) adalah fasilitas pemerintah, yang merupakan sejumlah bantuan yang diberikan untuk orang-orang berpenghasilan rendah. Sementara itu, kekuatan pembangunannya adalah membangun perumahan karena inisiatif dan usaha masyarakat sesuai dengan individu atau kelompok, termasuk perbaikan, pemulihan, pembangunan rumah baru dan lingkungan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 (tiga) aspek: organisasi, interpretasidan penerapa.Dalam mengumpulkan data penelitian menggunakan teknik kuesioner, observasilangsungdan dokumentasi dengan menggunakan informan sebagai sumber informasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya dalam penyediaan perumahan yang layak huni didesa fanating kecamatan teluk mutiara Kabupaten alor belum berjalan optimal. Termasuk kurangnya partisipasi dan kesadaran masyarakat serta kurangnya pengetahuan tentang program BSPS. Selain itu, dalam tahap pembangunan yang harus dilakukan dalam gotong royong dengan kelompok yang telah ditentukan tetapi pada kenyataannya masih dilakukan secara individual.Peneliti juga melihat bahwa implementor program ini belum memiliki ketegasan karena masih membiarkan masyarakat bekerja secara individual dan cenderung apatis terhadap hal tersebut. Padahal mereka mengerti apa sebenarnya konsep dan tujuan program BSPS yakni meningkatkan keswadayaan masyarakat agar mendiri dan berdayaguna. Implementor baik dari Dinas Perkim maupun fasilitator belum mampu untuk mengajak masyarakat sadar dan paham dengan konsep dari BSPS walaupun sudah dilakukan sosialisasi sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 25 Oct 2019 03:28
Last Modified: 25 Oct 2019 03:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/560

Actions (login required)

View Item View Item