Penerapan Teknik Broken Chord Sebagai Dasar Mengiringi Lagu Twinkle-Twinkle Little Star Pada Instrumen Keyboard Bagi Siswa-Siswi Minat Keyboard SMP Timpolmas Kupang Melalui Metode Drill

RABHA, Marlina Meo (2018) Penerapan Teknik Broken Chord Sebagai Dasar Mengiringi Lagu Twinkle-Twinkle Little Star Pada Instrumen Keyboard Bagi Siswa-Siswi Minat Keyboard SMP Timpolmas Kupang Melalui Metode Drill. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (826kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (21kB)

Abstract

SMP Timpolmas Kupang merupakan sebuah lembaga pendidikan yang juga menerapkan pelajaran seni budaya dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu juga mempunyai kegiatan pengembangan bakat atau ekstrakurikuler di luar kegiatan utama belajar mengajar yang salah satunya adalah seni musik. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini yakni bagaimana penerapan teknik broken chord sebagai dasar mengiringi lagu “Twinkle-twinkle Little Star” pada instrumen keyboard bagi siswa-siswi minat keyboard SMP Timpolmas Kupang. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui mendeskripsikan penerapan teknik broken chord sebagai dasar mengiringi lagu “Twinkle-twinkle Little Star” pada instrumen keyboard bagi siswa-siswi minat keyboard SMP Timpolmas Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pelajaran seni musik dan siswa-siswi minat keyboard SMP Timpolmas Kupang. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan penerapan teknik broken chord sebagai dasar dalam mengiringi lagu Twinkle-twinkle Little Star bagi siswa-siswi minat keybord SMP Timpolmas Kupang. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) metode yang digunakan dalam penerapan teknik broken chord sebagai dasar mengiringi lagu “Twinkle-twinkle Little Star” pada instrumen keyboard bagi siswa-siswi minat keyboard SMP Timpolmas Kupang adalah menggunakan metode drill yaitu dengan cara guru menerapkan hal yang sama secara terus menerus yang diawali dengan memperkenalkan bagian-bagian dari alat musik keyboard serta kode jari dalam bermain keyboard, penjarian tangga nada C, memperkenalkan akor C-F-G-Dm-Em yang akan dimainkan, memperkenalkan melodi lagu dan teknik permainan broken chord secara terpisah kemudian dimainkan secara bersama-sama. Setelah itu peneliti membimbing siswa-siswi mempraktekan teknik permainan broken chord sebagai dasar dalam mengiringi lagu Twinkle-twinkle Little Star sambil membaca partitur serta memperhatikan posisi duduk dan posisi jari yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknik broken chord, keyboard, metode drill, SMP Timpolmas.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 25 Oct 2019 03:36
Last Modified: 25 Oct 2019 03:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item View Item