Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di Smpn 8 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

LIWU, Antonius Ferdinandus (2019) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di Smpn 8 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (812kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan di SMPN VIII Kupang, kenyataan menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Strategi pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Peserta didik kelas VIII pada materi pokok Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMPN 8 Kupang Tahun ajaran 2018/ 2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu atau quasi eksperimen.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonrandomized controlGroup Pretest-posttest. dan Teknik pengumpulan data melalui observasi, pemberian tes Hasil Belajar peserta didik diperoleh dari pemberian lembar tes hasil belajar yang dibagi menjadi dua tahap yakni tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Tes awal dilakukan sebelum penerapan strategi pembelajaran Inkuiri dan Pembelajaran langsung untuk menguji pemahamanpeserta didik terhadap materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan sebelum mengikuti proses pembelajaran. Data hasil belajar peserta didik meningkat setelah pembelajaran dilaksanakan. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata nilai pretest dan posttest pada kelas yang menerapkan strategi Inkuiri yaitu dari 46 naik menjadi 71,83 sehingga diperoleh peningkatan nilai sebesar 25,83. Sedangkan rata-rata nilai pretest dan posttest pada kelas yang menerapkan pembelajaran langsung yaitu dari 48,2naik menjadi 59,8sehingga diperoleh peningkatan nilai sebesar 11,6..Kesimpulan dari data hasil penelitian dan pembahasan bahwa Ada Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Pokok Struktur dan Fungsi JaringanTumbuhan di SMPN 8 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019, dimana Data hasil analisis one way-anacova untuk hasil belajar memperoleh nilai probabilitas (sig.) sebesar 0,113. Data aktivitas peserta didik dengan strategi pembelajaran Inkuiri dan pembelajaran langsung rata-rata reliabilitas 90,58% dan 87,3%. Data Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunkan strategi pembelajaran Inkuiri dan pembelajaran langsung skor rata-rata relibialitasnya adalah 97,85% dan 93,03%

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Strategi Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:54
Last Modified: 25 Oct 2019 04:54
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item