Studi Literatur Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPA Di SMA

BHODA, Bonifasius (2021) Studi Literatur Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPA Di SMA. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB 1 BHODA.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB II BHODA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
BAB III BHODA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
BAB IV BHODA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
BAB V BHODA.pdf

Download (29kB)

Abstract

Pembelajaran adalah suatu proses yang rumit karena tidak sekedar menyerap informasi dari guru tetapi melibatkan berbagai kegiatan dan tindakan yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Proses pembelajaran dan hasil belajar tidak bisa dipisahkan karena satu dengan lainnya saling berkaitan. Dalam proses pembelajaran masih ditemukan banyak permasalahan diantaranya kurang aktifnya siswa sehingga berdampak pada rendahnya kompetensi yang ingin dicapai. Oleh karena itu salah satu upaya yang dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif. Salah satu model pembelajaran adalah model Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA DI SMA berdasarkan studi literatur. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan/library research. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan berbagai macam sumber pustaka yang relevan berupa skripsi maupun jurnal. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan tahapan yang meliputi transkripsi data, reduksi data, tabulasi data, display data dan gambaran kesimpulan. Hasil penelitian dari empat pustaka yang diambil menunjukkan bahwa rata- rata nilai posttest kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Begitu pula dari empat pustaka yang diambil menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal ini didukung oleh data hasil uji statistik inferensial untuk setiap pustaka menunjukkan bahwa nilai Ftabel > Fhitung dan nilai signifikansi α<0,05. Dengan demikian hasil penelitian ini disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA DI SMA melalui studi literatur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, model Problem Based Learning, pembelajaran IPA DI SMA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 28 May 2022 00:43
Last Modified: 28 May 2022 00:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5624

Actions (login required)

View Item View Item