Upaya Memperkenalkan Iringan Akor Pecah (Broken Chord) Menggunakan Lagu Berbirama 4/4 Melalui Metode Demonstrasi Pada Pemuda GMIT Eklesia Nunbaun Delha Klasis Kota Kupang

KAMENGON, Ata Ani (2018) Upaya Memperkenalkan Iringan Akor Pecah (Broken Chord) Menggunakan Lagu Berbirama 4/4 Melalui Metode Demonstrasi Pada Pemuda GMIT Eklesia Nunbaun Delha Klasis Kota Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (884kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (233kB)

Abstract

Musik liturgi adalah musik yang mulia dan agung, oleh karena itu digubah untuk perayaan liturgi dan bertujuan untuk memuliakan Allah dan juga sebagai persekutuan umat. Instrumen yang dipakai untuk mengiringi nyanyian liturgi sangatlah bervariasi. Dalam penggunaan instrumen tentu banyak teknik permainannya. Alat musik keyboard juga merupakan bagian di dalamnya. Upaya memperkenalkan iringan Akor pecah (broken chord) menggunakan lagu berbirama 4/4 melalui metode Demonstrasi pada Pemuda GMIT Eklesia Nunbaun Delha Klasis Kota Kupang. Diajarkan kepada beberapa pemuda untuk memperkaya teknik iringannya secara manual. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya memperkenalkan iringan Akor pecah (broken chord) menggunakan lagu berbirama 4/4 melalui metode Demonstrasi pada Pemuda GMIT Eklesia Nunbaun Delha Klasis Kota Kupang? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pengenalan iringan akor pecah kepada beberapa pemuda melalui metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan dalam proses penelitian tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya memperkenalkan iringan Akor pecah (Broken chord) menggunakan lagu Kidung Jemaat berbirama 4/4 melalui metode Demonstrasi pada Pemuda GMIT Eklesia Nunbaun Delha Klasis Kota Kupang mencakup tahap-tahap berikut ini : Tahapawal (Persiapanpenelitian, observasi dan wawancara, pengrekrutan pemain, penentuan jadwal latihan dan pemilihan lagu), tahap inti (Memperkenalkan instrument musik, memainkan teknik penjarian searah-berlawanan dan trisuara, memainkan instrument music keyboard dengan teknik akor pecah mengiringi lagu kidung jemaat yang berbirama 4/4).Tahap akhir (Mementaskan hasil latihannya dalam mengiringi pujian saat ibadah pemuda berlangsung). Dalam penelitian peneliti menemukan kesulitan diantaranya : kesulitan menggabungkan keduatangan saat memainkan tangga nada, tri suara maupun lagu saat latihan dan untuk mengatasi kesulitan tersebut peneliti menggunakan metode demonstrasi yakni memeragakan nya terlebih dahulu secara berulang-ulang dengan tempo lambat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Iringan Akor Pecah (Broken Chord), Pemuda Gereja, Metode Demonstrasi, lagu berbirama 4/4.
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:59
Last Modified: 25 Oct 2019 04:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item