Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipeinside Outside Circle (Ioc) Materi Pokok Getaran Gelombang Dan Bunyi Pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP Angkasa Penfui Kupang Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019

GUNU, Roswita M. (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipeinside Outside Circle (Ioc) Materi Pokok Getaran Gelombang Dan Bunyi Pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP Angkasa Penfui Kupang Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (227kB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah Bagaimana Hasil Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC)Materi Pokok Getaran Gelombang Dan Bunyi Pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP Angkasa Penfui Kupang Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019? Secara terperinci masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran materi pokok getaran gelombang dan bunyi pada peserta didik kelas VIII A SMP Angkasa Penfui Kupang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC)tahun ajaran 2018/2019?, (2) Bagaimana ketermpilan kooperatif peserta didik kelas VIII A SMP Angkasa Penfui Kupang dalam kegiatan pembelajaran materi pokok getaran gelombang dan bunyidengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC)tahun ajaran 2018/2019?, (3) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran materi pokok getaran gelombang dan bunyidengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC)tahun ajaran 2018/2019?, (4) Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik kelasVIII A SMP Angkasa Penfui Kupang materi pokok getaran gelombang dan bunyi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) tahun ajaran 2018/2019?, (5) Bagaimana respon peserta didik kelas VIII A SMP Angkasa Penfui Kupang terhadap kegiatan pembelajaran materi pokok getaran gelombang dan bunyidengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC)tahun ajaran 2018/2019?.Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan subjek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas VII A SMP Angkasa Penfui Kupang semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 orang. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian adalah: Silabus, Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian perencanaan pembelajaran, lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran, lembar penilaian evaluasi pembelajaran, tes hasil belajar kognitif, lembar pengamatan hasil belajar afektif dan psikomotor, lembar pengamatan keterampilan kooperatif peserta didk, dan lembar isian respon peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, tes dan angket. Teknik analisis hasil penelitianm yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif meliputi: skor rata-rata, proporsi dan persentase.Berdasarkan hasil analisis deskriptif, data penelitian menunjukkan bahwa secara umum penerapan model pembelajaran koooperaiftipe Inside Outside Circle (IOC)adalah optimal untuk materi pokok getaran gelombang dan bunyi pada peserta didik kelas VIII A SMP Angkasa Penfui Kupng yang berjumlah 30 peserta didik. Secara terperinci dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada dalam kategori baik, (2) keterampilan kooperatif peserta didik berada pada kriteria yang ditetapkan (3) ketuntasan indikator hasil belajar berada pada kategori tuntas, (4) ketuntasan hasil belajar peserta didik berada pada kategori tuntas, dan (5) respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran memberikan respon yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, ketuntasan hasil belajar, Inside Outside Circle (IOC), getaran gelombang dan bunyi, deskriptif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 25 Oct 2019 05:02
Last Modified: 25 Oct 2019 05:02
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/564

Actions (login required)

View Item View Item