Teknik Dasar Bermain Snare, Hi-Hat Dan Bass Drum Dalam Irama “Pop Rock” Menggunakan Metode Drill Bagi Mahasiswi Minat Perkusi Semester Vi Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

TALAN, Victor .Y (2019) Teknik Dasar Bermain Snare, Hi-Hat Dan Bass Drum Dalam Irama “Pop Rock” Menggunakan Metode Drill Bagi Mahasiswi Minat Perkusi Semester Vi Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
COVER,lem.persetujuan,lem.pengesahan,matto,persembahan,kata pengantar,abstrak,daftar isi.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (172kB)

Abstract

Seni musik merupakan salah satu cabang seni yang menjadi kebutuhan hidup masyarakat yang timbul dari kreatifitas manusia dalam menyusun atau memainkan rangkaian nada-nada dari suara manusia itu sendiri ataupun instrumen musik tertentu. Salah satu instrumen musik yang digunakan dalam mengekspresikan kreativitas dalam musik adalah drum. Drummerupakan salah satu alat musik yang masuk dalam kategori musik perkusi yang mempunyai kharakteristik tersendiri baik dari segi bentuk maupun bunyi yang dihasilkan.Dalam memainkan alat musik drum,terdapat beberapa teknik dasar dalam memainkan alat musiktersebut. Masalahpokok dalam penelitian ini adalah bagaimana upayamenarapkan teknik dasar bermain snare,hi-hat dan bass drum bagi Mahasiswi minat alat musik drumdengan irama pop rock menggunakan metode drill bagi mahasiswi minat perkusisemester VIprogram studiPendidikan MusikUniversitas Katolik Widya Mandira Kupang. Tujuan penelitin iniadalah untuk mendeskripsikan proses penerapanteknik dasar bermain snare,hi-hat dan bass drum bagi mahasiswi minat alat musik drumdengan irama pop rockmenggunakanmetode drill bagi mahasiswi minat perkusi program studipendidikan musik semester VIUniversitas Katolik Widya Mandira Kupang. Dalam proses penelitian ini, penelitimenggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode drill. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menujukan bahwa proses pembelajaran teknik dasar bermain sanare, hi-hat, dan bass drum dengan irama pop rockdengan menggunakan metode drill bagi mahasiswi minat perkusi semester VI prodi pendidikan musik universitas katolik widya mandira kupang dilakukan melalui tahap-tahap yaitu tahap awal, tahap inti dan tahap akhir.tahap awal terdiri dari perekrutan anggota mahasiswi minat perkusi penentuan jadwal latihan dan pemberi materi teknik dasar bermain drum serta partitur. Tahap inti yaitu dimana peneliti dan partisipan memulai prosespenelitian serta mancari tahu letak kesalahan partisipan dalam memainkan teknik dasar. Tahap akhir yaitu partisipan menampilkan hasil latihan teknik dasar bermain sanare, hi-hat, dan bass drum.Berdasarkan hasil penelitian peneliti mendapatkan perkembangan dan perubahan pada partisipanserta menambahpengetahuan yangbaru tentang alat musik drum khususnya mahasiswi Program Studi Pendidikan Musik universitas Katolik Widya Mandira Kupang serta dapat menjadi bekal pengetahuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Minat, Alat Musik Drum, Irama Pop Rock, Metode Drill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 25 Oct 2019 05:21
Last Modified: 25 Oct 2019 05:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item