Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 2 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

TARA, Maria Fransiska Jati Gama (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 2 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
COVER JUDUL-DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (790kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, disini peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan Think Pair Share. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa SMPN 2 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII U dan VII V, dimana siswa kelas VII U diberikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan siswa kelas VII V diberikan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group desain dan analisis data secara deskripstif dan inferensial dimana menggunakan one way-ancova dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan rerata ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yaitu 79,2 (tuntas), skor rata-rata aktivitas siswa yaitu 86,45 (baik), skor rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yaitu 96,43 (baik) sedangkan rerata ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS yaitu 82 (tuntas), skor rata-rata aktivitas siswa yaitu 85,15 (baik), skor rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yaitu 98,16 (baik). Ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TPS terhadap hasil belajar siswa terlihat dari hasil uji ancova yaitu dengan nilai sig. 0,002 < 0,05. Hasil analisis uji t menggunakan uji paired sampel t-test pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT thitung 16,856 > ttabel 2,472 dan pada tipe TPS thitung 17,969 > ttabel 2,472 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa SMPN 2 Kupang tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif, tipe Numbered Heads Together, tipe Think Pair Share, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 28 Oct 2019 01:07
Last Modified: 28 Oct 2019 01:07
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item View Item